• Rabu, 5 Oktober 2022

Begini Cara Pengaduan Penyalahgunaan Telekomunikasi: Berkaitan dengan Penipuan Seluler

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:32 WIB
Cara pengaduan penipuan seluler (PixAbay)
Cara pengaduan penipuan seluler (PixAbay)

Tutwuri.id - Cara pengaduan penyalahgunaan telekomunikasi yang berkaitan dengan penipuan seluler.

Saat ini dunia digital sudah semakin berkembang dan apa-apa serba canggih. Namun ternyata dibalik canggihnya teknologi digital ada pihak-pihak yang justru memanfaatkannya untuk sesuatu yang negatif. Contohnya penipuan seluler.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah menerbitkan Ketetapan (TAP) BRTI Nomor: 04 Tahun 2018 tentang Penanganan Pengaduan Penyalahgunaan Jasa Telekomunikasi, yang berlaku terhitung sejak 10 Desember 2018. 

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Taubat yang Benar Sesuai Tuntunan Syari'at Islam

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia melakukan optimalisasi saluran pengaduan (help desk) yang saat ini tersedia sehingga keluhan pelanggan terhadap penyalahgunaan jasa telekomunikasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat ditangani dengan baik.

Penanganan pengaduan pelanggan terhadap penyalahgunaan jasa telekomunikasi berupa panggilan dan/atau pesan yang bersifat mengganggu dan/atau tidak dikehendaki (spam call and/or message) yang diindikasikan PENIPUAN dalam segala bentuknya, termasuk namun tidak terbatas pada permintaan untuk segera mengurus  pembayaran transaksi tertentu, transfer uang atau Pelanggan menjadi pemenang kuis atau undian dilakukan dengan menggunakan alur sebagai berikut:

-
https://indonesia.go.id/assets/img/assets/1547177655_1.jpeg " style="height:1280px; width:1024px" />

Dalam hal terjadi pemblokiran terhadap nomor telepon seluler (MSISDN) yang tidak terkait dengan penipuan, pemblokiran nomor telepon seluler (MSISDN) pemanggil dan/atau pengirim pesan dapat dibuka setelah ada klarifikasi dan/atau verifikasi yang dapat dipertanggungjawabkan yang disampaikan kepada BRTI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pelanggan yang membuat laporan pengaduan wajib memberikan laporan yang benar dan bertanggung jawab atas laporan pengaduan yang dibuat.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X