• Minggu, 25 September 2022

Ide Konten Youtube Menarik Cocok untuk Pemula: Bertema Edukasi Auto Banjir Viewers

- Selasa, 26 Juli 2022 | 10:22 WIB
Content
Content

Tutwuri.id - Gimana cara membuat ide konten youtube yang menarik atau bingung ingin memulainya dari mana? Mungkin kalau kamu pemula di dunia perkontenan, artikel ini bisa membantumu untuk menemukan ide untuk pembuatan konten yang sesuai dengan passionmu. Membuat ide konten yang menarik memang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa konsep yang harus diperhatikan, selain itu juga harus memiliki teknik yang perlu dilakukan berkaitan dengan konten youtube dengan target audiens. Berikut ini adalah ulasan beberapa cara membuat konten youtube yang menarik untuk pemula.: Baca juga: Cara Mengggunakan Set Top Box pada TV Tabung agar Bisa Melihat Siaran TV Digital

Menentukan Konsep

Langkah pertama yaitu membuat rancangan konsep yang berkaitan dengan tujuan dan tema. Melalui inilah kamu dapat menentukan arah konten yang akan dibuat. Selain itu, kamu juga dapat menentukan bagaimana berkomunikasi dengan audiens untuk meningkatkan engagement. Setelah konsep sudah dibuat, kamu bisa lebih mudah melakukan riset penelitian, editing, hingga strategi promosi.

Riset dan Perencanaan

Selanjutnya riset dan membuat perencanaan. Melakukan riset penelitian dapat kamu lakukan untuk mencari bahan konten youtube yang menarik. Kamu juga bisa melakukan riset keyword untuk youtube, mempelajari trend, dan mencari tahu seluk beluk kompetitor yang memiliki konten serupa. Untuk membuat konten youtube lebih menarik, buatlah naskah skrip dan storyboard agar video dapat dibuat dengan baik.

Persiapkan Bahan Edit Video

Siapkan juga bahan edit video. Edit video dengan beberapa kelengkapan yang memadai setelah pengambilan gambar dilakukan sesuai storyboard. Dalam video, kamu dapat memasukkan beberapa elemen penunjang seperti subtitle, backsound musik, website, suara pengantar, dan lain-lain.

Upload dan Optimasi SEO untuk youtube

Saat mulai mengupload konten ke channel youtube, pastikan bahwa optimasi SEO untuk konten kamu terpenuhi. Salah satu cara optimasi SEO untuk konten youtube adalah dengan menyisipkan kata kunci yang tepat. Terutama pada judul atau tag konten, maupun deskripsi. Pastikan juga bahwa deskripsi video tidak kosong sehingga saat orang mencari suatu video dengan keyword tertentu, konten video kamu dapat muncul dalam hasil pencarian.

Promosikan Konten

Jika sudah mengupload konten, jangan lupa untuk mempromosikan konten ke media sosial yang lain. Terutama jika jumlah viewers kamu masih tidak terlalu banyak. Manfaatkan iklan, membuat playlist, atau salah satu strategi yang paling jitu adalah melalui konten video pendek di Tiktok yang dihubungkan pada channel youtub sebagai media promosi yang menarik. Nah, setelah memahami bagian-bagian di atas. Berikut ini ide-ide konten youtube yang menarik dan kerap kali ditonton oleh banyak viewers.

Ide Konten Youtube yang Menarik

1. Konten Tutorial

Konten tutorial adalah salah satu jenis konten youtube yang menarik karena memiliki jumlah pencarian yang cukup tinggi. Rata-rata warganet mencari video di youtube untuk memecahkan berbagai masalah yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh konten tutorial yang banyak digemari adalah seperti tutorial memasak, cara edit video, make up dan lain-lain. Akan menjadi satu keunggulan jika kontenmu masih berkaitan dengan hal yang kamu sukai dan sesuai dengan passionmu.

2. Review Produk

Selanjutnya adalah review produk. Banyak orang membutuhkan referensi ketika akan mencoba suatu produk. Seperti make up yang cocok digunakan sesuai jenis kulit, atau mungkin juga manfaat-manfaat produk tersebut. Biasanya sebelum menggunakan produk, orang cenderung mencari terlebih dahulu review produk yang akan digunakannya. Kesempatan ini menjadi suatu peluang bagus untuk konten review dalam menyajikan ulasannya. Dengan fokus dengan kelebihan, keunggulan, dan manfaat produk, audiense akan merasa lebih yakin untuk membeli produk tersebut. Dan tidak jarang pula konten review sering mendapatkan tawaran kerja sama berupa endorsment.

3. Tutorial Make Up dan Beauty

Konten jenis ini sangat banyak peminatnya, terutama dari kalangan perempuan. Banyak jenis ide konten yang ddominasi oleh konten ini, terutama kalangan influencer. Topik yang dibahas juga cukup beragam, mulai dari review produk kecantikan, tutorial hijab dan sebagainya.

4. Wawancara dengan Para Ahli

Ide konten youtube menarik yang berikutnya adalah sesi wawancara dengan para ahli atau expert pada suatu bidang tertentu. Dalam hal ini, viewers memiliki pangsa tersendiri karena daya tarik dari pengalaman para ahli yang diceritakan kepada audience yang ingin berkecimpung di bidang yang sama. Selain itu, seorang expert juga berperan penting dalam meyakinkan dan memberikan insight untuk para audience yang memiliki minat dalam bidang tersebut. Baca juga: Mengenal Perbedaan Content Writer dan CopyWriter: Sama-Sama Penulis Tapi Beda Jobdesk

5. Success Story

Kisah sukses seseorang juga menjadi ide konten yang menarik untuk konten youtube. Sebab, melalui konten success story dapat memicu motivasi kepada audience yang menonton. Sekaligus dapat banyak memberikan manfaat bagi sebagian orang yang merasa sedang kehilangan arah dalam hidupnya. Contoh channel yang mengusung konten success story adalah Cerita Juara dari Ruang Guru. Video kisah sukses dari para alumni ini mampu mengundang jumlah viewers yang cukup tinggi dari kalangan anak muda yang ingin kuliah atau masih mengenyam pendidikan.      

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X