• Minggu, 25 September 2022

Pernah Ada Sungai hingga Danau, Peneliti Ungkap Alasan Planet Mars Menjadi Kering

- Senin, 30 Mei 2022 | 12:05 WIB
Penyebab Sungai dan Danau di Mars Hilang

Tutwuri.id - Para peneliti mengungkap bahwa planet Mars pernah memiliki sungai hingga danau yang disebut mengering sekitar tiga miliar tahun lalu. Hal ini seperti seperti publikasi ilmuwan Universitas Chicago yang memberikan jawaban yang menjadi alasan kenapa planet Mars mengering. Pada publikasi sebelumnya, para ilmuwan memberikan asumsi bahwa planet merah ini telah kehilangan gas CO2 dari atmosfer yang bertugas menjaga suhu hangat di planet ini. Baca Juga: Bagaimana Menurut Penelitian tentang Meteorit Planet Mars Akan tetapi, baru-baru ini melalui temuan yang dirilis dalam Science Advances menyebut bahwa ada komponen lain yang menyebabkan planet ini kehilangan air, Dalam sebuah studi berjudul "Mengubah distribusi spasial diagram aliran air perubahan besar dalam efek rumah kaca Mars" saat ini planet Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis. Pada masa pembentukan planet ini diprediksi Mars memiliki atmosfer yang lebih tebal dimana gas CO2 berperan dalam efek rumah kaca yang bertugas mengatur perubahan iklim.

Penyebab Sungai dan Danau di Mars Hilang

Namun, bahkan ketika umpan balik uap H2O dipertimbangkan, pemanasan non-CO2 tambahan diperlukan untuk menghangatkan Mars awal yang cukup untuk sungai. Oleh karena itu, perubahan gaya radiasi non-CO2 merupakan penjelasan alternatif untuk transisi Mars dari basah ke kering. Kepentingan relatif dari kedua mekanisme ini belum diselidiki, sehingga penjelasan yang berlaku tentang transisi basah-ke-kering tetap belum teruji, tambahnya. Para peneliti merekonstruksi sejarah efek rumah kaca Mars menggunakan proksi geologis untuk aktivitas sungai masa lalu yang memecahkan waktu penggurunan Mars. Mereka juga membandingkan data proksi dengan model iklim untuk mengambil perubahan dalam efek rumah kaca dan juga untuk menilai sejauh mana perubahan tersebut merupakan hasil dari perubahan dalam pemaksaan radiasi CO2 versus pemaksaan radiasi non-CO2. “Orang-orang telah mengajukan ide yang berbeda, tetapi kami tidak yakin apa yang menyebabkan iklim berubah begitu dramatis,” kata ilmuwan geofisika Universitas Chicago Edwin Kite. “Kami sangat ingin memahaminya, terutama karena itu satu-satunya planet yang kami tahu pasti berubah dari layak huni menjadi tidak dapat dihuni,” tambahnya. Baca Juga: Satu Tahun di Mars Berapa Hari? Ini Jawaban dari NASA terkait Waktu di Planet Merah Ini Kite dan rekan-rekannya menjalankan banyak kombinasi berbeda dari berbagai faktor dalam simulasi mereka, mencari kondisi yang dapat menyebabkan planet ini cukup hangat untuk setidaknya beberapa air cair ada di sungai selama lebih dari miliar tahun tetapi kemudian tiba-tiba hilang. Tetapi ketika mereka membandingkan simulasi yang berbeda, mereka melihat sesuatu yang mengejutkan. Mengubah jumlah CO2 di atmosfer tidak mengubah hasilnya. Artinya, kekuatan pendorong perubahan tampaknya bukan karbon dioksida, menurut University of Chicago.

Editor: Arindi