• Senin, 3 Oktober 2022

Tambang Masa Depan! Asteroid mini Psyches ini Bernilai hingga Rp 165 Ribu Triliun

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:37 WIB
Ilustrasi Asteroid 16 Psyches

Tutwuri.id - Dalam beberapa tahun terakhir, isu penambangan luar angkasa kerap menjadi rumor hangat pasca ditemukanya dua asteroid di dekat bumi yang banyak mengandung logam mulia berharga. Diketahui kedua asteroid yang diberi nama 1986 DA dan 16 Psyche ditaksir memiliki nilai hingga US$ 11,65 triliun atau setara dengan Rp 165.430 triluun jika mengikuti kurs saat ini. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, diduga Asteroid 1986 DA ini memiliki kandungan beso, nikel, dan kobalt lebih banyak dibandingkan di Bumi. Baca Juga: Wahana Antariksa NASA Temukan Bukti Adanya Sungai di Planet Mars, Pertanda Kehidupan? Dikutip dari laman Cnet menyebut bahwa asteroid dengan lebar 1,6 Km ini memikiki kandungan 85 persen logam mineral. Oleh karena itu banyak peneliti meramalkan bahwa luar angkasa bakal menjadi target pertambangan pada masa depan. Selain DA 1986, Asteroid 16 Psyches tak luput dari pengamatan para peniliti. Tak tanggung-tanggung, diduga asteroid ini bahkan ditaksir bernilai hingga US$ 10.000 kuadralium. Diketahui, Asteroid 16 Psyches ini terletak di sekitar sabuk Mars dan Jupiter. Isu terkait penambangan antariksa ini sudah banyak dirumorkan. Banyak isu menyusul mulai dari pembangunan koloni di Bulan dan Mars hingga perhitungan terkait biaya dan resiko penambangan ini. Dalam waktu dekat, direncanakan NASA bakal memulai misi ke asteroid 16 Psyches guna mengumpulkan sample serta melakukan analisis terkait kandungan materi obyek luar angkasa ini.

Asteroid DA 1986 atau mini Psyches

Dengan jarak yang cukup dekat dengan bumi, dirumorkan bahwa asteroid ini yang akan terlebih dahulu digarap apabila penambangan luar angksa sudah mendapat lampu hijau. Baca Juga: Para Peneliti Mencatat Bumi Semakin Meredup, Dampak Nyata Perubahan Iklim Vishnu Reddy salah satu profesor Laboratorium Lunar dan Planet Universitas Arizona menyebut bahwa penelitian terkait benda luar angkasa ini penting. "Sangat bermanfaat bagi kami menemukan 'mini-psyches' ini begitu dekat dengan Bumi," tegas Vishnu.

Misi NASA Asteroid 16 Psyches