• Senin, 3 Oktober 2022

Arkeolog Temukan Koin Dirham Perak Berumur Ratusan Tahun dari Dinasti Abbasiyah

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:05 WIB
Penemuan Koin Kuno dari DInasti Abbasiyah

Tutwuri.id - Para arkeolog berhasil menggali sisa-sisa peradaban Islam kuno yang berada di wilayah yemhaj Sharjah dan menemukan puluhan koid Dirham berusia ratusan tahun. Dari hasil pengujian, koin-koin kuno tersebut diduga berasal dari Dinasti Abbasiyah yang berkembang pada ratusan tahun lalu. Dihimpun dari pernyataan tim pakar arkeolog yang tergabung dalam Otoritas Arkeologi Sharjah menyebut bahwa koin tersebut menampilkan ikonografi dari lima khalifah pada masa tersebut. Baca Juga: Para Peneliti Mencatat Bumi Semakin Meredup, Dampak Nyata Perubahan Iklim “Koin-koin tersebut memuat ikonografi lima khalifah dari periode tersebut yakni Khalifah Abu Jaafar al-Mansour, Khalifah Mohamed al-Mahdi, Khalifah Haroun al-Rashid, Khalifah Mohamed al-Amin dan Khalifah Abu Jaafar Abdullah al-Maamoun,” sebutnya. Dalam temuan tersebut juga ada perak dirham  (Umm Jaafar), istri Haroun al-Rashid serta koin tembaha Abbasiyah dalam penggalian. Lebih lanjut, Dr Sabah Aboud Jasim selaku Direktur Jenderal Otoritas Arkeologi Sharjah menyebut. Dengan hasil temuan tersebut menguatkan dugaan bahwa wilayah Sharjah merupakan awal dari berkembangnya dinasti Abbasiyah. Baca Juga: BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta Kembali Cair, Langsung Cek dan Daftarkan untuk SD, SMP, dan SMA Dari hasil penggalian tercatat beberapa koin dirham tersebut ditemukan dalam guci tembikar dengan gaya masa Abbasiyah yang berasal dari abad 9 hingga 10 Masehi. Dari catatan sejarah, koin-koin tersebut dicetak di beberapa wilayah selama tahun 154 hingga 199 dalam penanggalan Hijriah. Para arkeolog juga membuktikan periode penting dalam sejarah Sharjah dimana fokus dalam aktivitas perdagangan di Uni Emirat Arab serta wilayah tengah Sharjah. Baca Juga: NASA Berencana Tabrak Asteroid dengan Pesawat, Upaya Lindungi Bumi dari Ancaman Antariksa Diperkirakan bahwa koin-koin yang ditemukan tersebut telah melalui proses perjalanan yang panjang hingga ke Teluk Arab dan UEA. Dari penemuan tersebut mengkonfirmasi bahwa wilayah Sharjah juga merupakan salah satu pisat perdagangan pada masa Abbasiyah.

Editor: Arindi