• Rabu, 5 Oktober 2022

2 Prosedur Pemeriksaan Osteoporosis dan Langkah Dini Menangani Masalah Kesehatan Tulang

- Senin, 29 Agustus 2022 | 14:19 WIB
Prosedur Pemeriksaan Osteoporosis
Prosedur Pemeriksaan Osteoporosis

Tutwuri.id - Pengeroposan tulang atau Osteoporosis merupakan gangguan kesehatan yang sering ditemukan pada pria maupun wanita terlebih bagi mereka yang masuk pada usia senja.

Pada umumnya, gangguan kesehatan ini ditandai dengan munculnya beragam gejala seperti nyeri yang sering kambuh hingga munculnya lengkungan pada tulang belakang.

Selagi dini, ada baiknya melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui gejala osteoporosis serta melakukan pencegahan lebih lanjut.

Apa Itu Osteoporosis

Seperti dilansir dari laman CDR, Osteoporosis dapat diartikan sebagai kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan akibat massa dan mineral tulang yang berkurang sehingga menjadi lebih tipis, rapuh serta rentan patah.

tulangBaca Juga: Tips Pertahankan Kesehatan Tulang: Konsumsi Makanan Jenis Ini Agar Tulang Tetap Kuat Meski di Usia Lanjut

Meskipun masalah ini cukup serius, hingga saat ini masih belum ada teknologi kesehatan yang mampu mendeteksi masalah ini hingga munculnya pengeroposan tulang saat dilakukan pemindaian.

Hal inilah yang menyebabkan Osteoporosis juga disebut sebagai silent thief atau silent disease. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan osteoporosis secara rutin guna melakukan deteksi dini.

Gejala Osteoporosis

Meskipun tidak dapat dideteksi secara langsung, gangguan kesehatan ini dapat dideteksi dengan munculnya gejala sebagai berikut.

1. Saat penyakit ini menyerang pada bagian tulang belakang dapat menyebabkan kolaps secara spontan bahkan hanya karena trauma ringan.

Halaman:

Editor: Ahmad Noval

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X