• Minggu, 25 September 2022

Mengenal Perbedaan Content Writer dan CopyWriter: Sama-Sama Penulis Tapi Beda Jobdesk

- Rabu, 20 Juli 2022 | 12:39 WIB
influencer-4081842__340
influencer-4081842__340

Tutwuri.id - Mengenal perbedaan antara content writer dan copywriter. Mereka sama-sama penulis akan tetapi ternyata berbeda dalam jobdesknya. Kedua profesi ini saat ini sedangĀ  banyak dicari perusahaan-perusahaan besar. Sehingga hal ini menjadi kesempatan emas untuk kalian yang memiliki bakat menulis. Nah, jika kamu memiliki bakat dalam dunia tulis menulis, maka keduanya adalah pekerjaan yang sesuai untuk kalian. Karena sebenarnya tidaklah sulit untuk berkarir menjadi content writer dan copy writer. Baca juga: Fresh Graduate Merapat! Ini Deretan Pekerjaan yang Tawarkan Gaji Tinggi untuk Para Fresh Graduate Lalu apakah perbedaan antara content writer dengan copy writer?Berikut ini penjelasannya.

Content Writer

Content writer adalah seorang penulis konten untuk sebuah website perusahaan. Mereka bertugas membuat konten yang sesuai agar website bisa muncul dengan mudah di mesin pencarian. Artikel yang dibuat biasanya lebih panjang dan detail serta mengoptimalkan penggunaan keyword. Dan biasanya mereka mumpuni dalam hal SEO. Biasanya seorang content writer akan ditempatkan di divisi pemasaran atau corporate secretary untuk membuat produk atau website perusahaan muncul di urutan pertama search engine. Seoreng content writer lebih berfokus kepada bagaimana sebuah produk mudah dicari di search enginee.

Copywriter

Sedangkan untuk copywriter adalah penulis konten untuk kebutuhan komersil. Komersil di sini bisa untuk mengiklankan sebuah produk maupun jasa. Selain itu, kebutuhan komersil lainnya bisa untuk branding. Sederhananya, copywriter jika menurut Forgebit adalah sosok yang menulis untuk materi marketing dan iklan. Saat ini, hampir seluruh perusahaan membutuhkan jasa copywriter untuk menjual produk atau mempromosikan perusahaan itu sendiri. Hasil tulisan seorang copywriter biasanya muncul di beragam platform seperti website perusahaan, sosial media, dan juga iklan televisi. Iklan yang sering kita lihat di televisi juga adalah hasil dari karya seorang copywriter. Merekalah yang meproduksi naskah iklan-iklan tersebut. Hingga slogan, pada perusahaan atau iklan komersil juga hasil dari seorang copywriter. Nah, bagaimana? Apakah sudah ada gambaran perbedaan antara content writer dengan copywriter?

Jobdesk Content Writer dan Copywriter

Setelah mengetahui pebedaan antara content writer dan Copywriter, sekarang kamu juga perlu mengetahui jobdesk atau hal-hal apa saja yang dikerjakan oleh keduanya.

1. Tugas seorang content writer

  • Bertanggung jawab pada website perusahaan atau klien
  • Mengupdate atau menulis artikel di website secara rutin
  • Membuat keyword yang dapat memudahkan pencarian
  • Mengelola konten-konten di media sosial perusahaan
  • Melakukan riset terhadap apa saja yang sedang trend
  • Mengupload konten ke website perusahaan
  • Bertanggung jawab atas kualitas SEO website milik perusahaan
  • Membuat data analitik untuk melihat performa konten/artikel yang telah dipublishkan

2. Tugas Copywriter

  • Membuat naskah persuasif untuk menarik masyarakat agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Memproduksi konten unik dan kreatif
  • Membuat karya yang menarik untuk diunggah ke berbagai platform
  • Memahami target market konten yang dibuatnya
Baca juga: Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus
-
Nah itulah perbedaan antara content writer dengan copywriter. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu di bidang tulis menulis. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu hanya perlu konsisten untuk mengembangkan tulisan dan karir kamu agar memiliki tulisan yang baik dan berkualitas.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X