• Minggu, 25 September 2022

Rekomendasi Buah yang Cocok Dijadikan Smoothies untuk Diet Sehat

- Selasa, 14 Juni 2022 | 13:21 WIB
smoothies-2253423__340
smoothies-2253423__340

Tutwuri.id - Berikut ini adalah rekomendasi buah yang cocok dijadikan smoothies untuk diet sehat. Jika Anda adalah salah satu yang memiliki berat badan berlebih. Tapi masih bingung ingin program diet dan masih ragu-ragu.Maka artikel ini bisa menjadi sumber inspirasi diet Anda dengan cara yang sehat. Yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan. Anda bisa mencoba membuat beraneka buah segar menjadi minuman smoothie yang menyehatkan tubuh. Baca juga: Kaya Akan Protein, Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Telur Bagi Kesehatan Smoothie buah bisa menjadi solusi lezat untuk Anda yang ingin menjalankan program diet maupun mengubah pola hidup sehat. Akan tetapi, buah juga memiliki kandungan gula di dalamnya. Sehingga Anda juga perlu membatasi jumlahnya. Para ahli diet bersertifikat seperti Julie Upton, MS, RD, Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, dan Lyssie Lakatos mengingatkan bahwa memasukkan terlalu banyak buah ke dalam smoothie bisa mengubah minuman sehat menjadi minuman calorie bomb. Tetapi jangan khawatir dan tidak perlu bingung jenis buah apa saja yang bisa Anda jadikan bahan untuk smoothie. Karena dalam artikel berikut ini, kami rekomendasikan buah yang bisa Anda olah menjadi smoothie. Buah tersebut adalah:

Melon

-
Melon yang matang memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sekitar 90%. Tidak hanya itu, seratnya juga cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan smoothie untuk diet. Satu porsi melon mengandung 12,6 gram gula dan 60 kalori yang bukan apa-apa jika dibandingkan dengan nutrisinya seperti beta karoten, folat, vitamin C, dan Potasium.

Kiwi

-
Selanjutnya adalah buah kiwi. Meskipun jarang dijadikan smoothie, buah kiwi sebenarnya merupakan sumber serat yang baik, rendah gula, serta mampu memberikan hampir 3 gram serat dalam setiap porsinya. Akan tetapi, sebaiknya tidak mengupasnya dikarenakan mayoritas serat kiwi ada pada kulitnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat mengurangi lemak tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Strawberry dan Raspberry

-
Kedua buah ini kaya akan vitamin C dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana kandungan air dan seratnya cukup tinggi. Buah ini bagus untuk menjaga berat badan Anda. Strawberry juga memiliki 49 kalori, 7 gram gula, dan sekitar 3 gram serat dalam setiap cangkirnya. Raspberry juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah, sekitar 2,6 gram saja per setengah cangkirnya. Namun kedua buah ini tidak dapat bertahan lama dalam lemari es. Sehingga harus menyimpannya dalam freezer dengan menggunakan kantong khusus.

Semangka

Buah semangka kaya akan air dan serat serta kandungan karbohidratnya rendah. Buah ini aman jika dikonsumsi penderita obesitas maupun yang memiliki kadar gula darah tinggi. Menurut sebuah penelitian pada 2019 yang diterbitkan di jurnal Nutrieents menemukan bahwa semangka dapat menunda lapar dan dapat menurunkan berat badan, indeks masa tubuh, tekanan darah, dan rasio pinggang-pinggul. Dalam satu cangkir semangka hanya menghasilkan 45 kalori dan sekitar 9 gram gula. Baca juga: Gurih! Inilah 6 Manfaat Kacang Mete Jika Dikonsumsi Secara Benar

Jeruk Bali Merah

-
Lalu ada jeruk bali merah. Buah yang satu ini memiliki rasa yang segar. Dan ternyata jeruk bali merah ini dapat digunakan untuk menurunkan berat badan karena hanya memiliki 37 kalori dan 8,5 gram gula. Bahkan penelitian di Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa orang yang makan setengah jeruk bali merah segar sebelum makan bisa kehilangan sekitar 1,6 kg dalam seminggu. Selain itu, respon insulin juga meningkat. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan, smoothie jeruk bali merah sangatlah rekomendasi untuk dikonsumsi.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X