• Minggu, 25 September 2022

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara BUMN 2022, Simak di sini!

- Kamis, 9 Juni 2022 | 22:25 WIB
Link Google Drive BUMN
Link Google Drive BUMN

Tutwuri.id - Pengumuman selesksi BUMN 2022 telah dilakukan mulai hari ini, kamis 09 Juni 2022 pukul 21.00 WIB. Peserta yang lolos nantinya akan melalui proses seleksi tahap ke tiga yakni Wawancara dan Tes Kemamppuan Bidang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 12-25 Juni 2022, bergantung dari masing-masing instansi yang dituju. Agar lolos ke tahap selanjutnya, kalian perlu mempersiapkan dengan matang. Dalam artikel ini, kami menyediakan informasi mengenai tips menjawab pertanyaan saat wawancara BUMN. Baca Juga: Server BUMN Down, Pengguna Mengeluh di Twitter

Tips Menghadapi Wawancara BUMN

1. Sarana Menyalurkan Potensi Diri untuk Perusahaan

Apabila kalian mendapatlan pertanyaan "Apa kelebihan Anda?" atau semacamnya, maka itu merupakan kesempatan yang tepat untuk menceritakan kelebihan kalian yang akan dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian bisa menyebutkan semua kelebihan atau potensi diri dalam kalian yang paling cocok dengan posisi yang kalian lamar dalam perusahaan tersebut. Apabila skill yang kalian miliki memang diperlukan oleh peruahaan yang kalian tuju, kalian bisa menyalurkan potensi diri untuk keberlanjutan dan kemajuan perusahaan.

2. Tegaskan bahwa Menjadi Sebuah Kesempatan yang Hebat Bisa bergabung di Perusahaan yang Kalian Tuju

Kalian harus menegaskan bahwa kalian telah mendapatkan kesempatan yang luar bisa untuk bisa bergabung di perusahaan yang kalian tuju. Dengan demikian, rekruter akan menilai bahwa diri kalian benar-benar ingin berkonstribusi dalam perusahaan tersebut.

3. Ingin Berkontribusi untuk Perusahaan dan Perekonomian Negara

Karena BUMN merupakan badan usaha d ibawah naungan pemerintah, kalian harus menonjolkan niat kalian untuk berkontribusi dalam perekonomian negara. Dengan jawaban yang tepat dan tegas, para rekruter akan tertarik dan mempertimbangkan  kalian untuk bergabung ke perusahaan yang kalian tuju.

4. Sebuah Tantangan Menarik Demi Perjalanan Karier

Berikan alasan mengapa menjadi bagian perusahaan tersebut adalah tantangan untuk perjalanan kariermu di masa depan. Para perekrut akan menganggap kamu menjadi calon pekerja yang ingin berkembang bersama dengan perusahaan. Kamu dapat memberikan alasan seperti ini, “Dengan saya bekerja di perusahaan ini, maka akan menjadi tantangan baru bagi saya dan sebagai batu loncatan untuk perjalanan karier saya di masa depan.”

5. Sebuah Kebanggaan Menjadi Bagian dari Perusahaan

Tunjukkan rasa bangga kalian apabila kalian nanti berhasi bergabung dalam perusahaan tersebut. Kalian bisa mengucapkan “Saya pasti bangga jika menjadi bagian dari perusahaan. Sebuah kehormatan bagi saya dapat bekerja di sini.” Berikut diatas merupakan Tips cara menghadapi wawancara BUMN, Semoga bermanfaat!  

Editor: Rafi'ul Ikhsan

Tags

Terkini

X