• Minggu, 25 September 2022

Selain Untuk Bayi, Inilah 8 Manfaat Baby Oil Untuk Orang Dewasa yang Jarang Diketahui

- Jumat, 3 Juni 2022 | 19:34 WIB
Manfaat Baby Oil
Manfaat Baby Oil

Tutwuri.id - Baby oil adalah minyak yang biasanya digunakan untuk bayi, produk ini mudah ditemukan dan dijual bebas. Tidak hanya para bayi maupun anak-anak. Orang dewasa pun dapat mengambil manfaat baby oil. Baby oil merupakan minyak mineral, dengan sedikit tambahan pewangi. Minyak mineral merupakan salah satu jenis hasil  sulingan minyak bumi yang tidak berwarna dan tidak menimbulkan bau. Selain minyak mineral, baby oil juga mengandung lanolin, sejenis lilin yang disekresi dari kelenjar sebasea (kelenjar yang menghasilkan pelembap alami dalam kulit) domba. Baca Juga: Mudah Ditemukan, Simak 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh Minyak mineral dan juga lanolin yang terdapat dalam baby oil bisa digunakan sebagai pelembab yang berfungsi untuk mengobati atau mencegah kulit kering, bersisik, kasar, gatal, ruam popok, iritasi ringan, dan kulit terbakar akibat terapi radiasi. Selain itu, dua zat ini dipercaya membantu sel-sel kulit mati terkelupas, mampu menjaga kelembapan pada kulit, dan membuat kulit terasa halus serta lembut.

Manfaat Baby Oil

Manfaat baby oil sangat banyak sekali selain mampu menjaga kelembapan bayi dan anak-anak juga ada manfaat lain yang bisa digunakan, seperti :
  • Sebagai minyak pijat. Manfaat baby oil baik digunakan untuk minyak pijat khusus bayi, yang berfungsi untuk memijat kulit dan tubuh bayi ketika baru lahir. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan baby oil sebagai pelembap, karena kulit bayi baru lahir belum mampu menyerap kandungan dari baby oil dengan baik.
  • Dapat digunakan untuk mengobati crandle cap. Crandle crap atau disebut dermatitis seboroik biasanya sering muncul pada bagian alis, kepala, sisi hidung, belakang telinga dan sisi hidung. crandle crap akan muncul ketika bayi berusia 1 hingga dua bulan. Penyebab dari crandle cap adalah kelebihan minyak. Crandle crap membuat kulit pada bayi bersisik hingga mengalami ruam merah. Jika bayi mengalami hal tersebut jangan mengambil manfaat baby oil terlebih dahulu, konsultasikan dengan dokter karena masih ada perdebatan tentang hal ini. Satu sisi menganjurkan pemberian baby oil, namun ada penelitian yang menyebutkan jika pemakaian baby oil justru akan memperparah keadaan. Langkah terbaik adalah menggunakan lotion khusus bayi.
  • Manfaat baby oil untuk mengobati ruam pada bayi. Bayi biasanya mengalami ruam kulit pada area tertentu, yang sering terjadi biasanya pada area bekas popok. Selalu bersihkan dan keringkan kulit bayi yang akan dioleskan baby oil.
  • Manfaat baby oil untuk mencegah eksim. Kulit yang merah dan terasa gatal pada bayi, biasanya disebut dnegan eksim. Eksim terjadi karena kulit yang terlalu kering. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengoleskan baby oil setelah bayi selesai dimandikan. Namun sebelum mengoles baby oil pastikan kulit bayi sudah dalam keadaan kering.
Baca Juga: 3 Manfaat Menakjubkan Minum Air Hangat Saat Berbuka puasa Selain manfaat baby oil diperuntukkan bagi bayi namun orang dewasa juga bisa menggunakan baby oil untuk beberapa hal, diantaranya :
  • Ibu menyusui sering mengalami puting yang kering dan pecah-pecah. Baby oil dapat membantu masalah tersebut. Jika mengoleskan baby oil puting akan terjaga kelembapannya. Kulit puting yang mengalami pecah juga mampu mereda. Namun harus ingat bersihkan puting sebelum anda menyusui kembali.
  • Manfaat baby oil dapat mengatasi kulit kering pada orang dewasa. Kulit yang kering dapat disembuhkan dengan baby oil, daya tahan baby oil sebagai pelembab lebih lama dari pada produk pelembab lainnya. Selain sebagai pelembab baby oil juga mampu mencegah penguapan air yang terjadi dari permukaan kulit.
  • Manfaat baby oil bisa juga dipakai untuk bahan kosmetik seperti skin highlighter serum rambut, dapat menghapus hiasan pada mata. Juga dapat menghapus riasan berbahan krim.
  • Dapat menghilangkan tato temporary. Banyak orang yang menggunakan baby oil utnk membersihkan tato temporary. Cobalah untuk mencari informasi lebih tentang cara ini agar aman dan terhindar dari iritasi
Manfaat baby oil sangat banyak sekali, untuk penggunaan jangka panjang cobalah untuk memperhatikan label. Dan pelajari bagi mana menyimpan baby oil dengan benar. Serta cek selalu tanggal kadaluarsa.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X