• Minggu, 25 September 2022

Hindari Kebiasaan Ini Jika Ingin Ginjal Tetap Sehat, Dokter Zaidul Akbar: Salah Satunya Sering Bergadang

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 09:01 WIB
Kesehatan
Kesehatan

Tutwuri.id - Jika Anda ingin tetap sehat, maka sebisa mungkin untuk berusaha menjaga dari hal-hal yang dapat menjadikan tubuh rentan terserang penyakit. Terutama pada ginjal. Kita seringkali menganggap remeh kebiasaan tidak sehat, sehingga ternyata kebiasaan tersebut ternyata dapat merusak organ ginjal. Menjaga kesehatan ginjal juga sangatlah penting. Ginjal merupakan salah satu organ yang berada pada bagian bawah tulang rusuk tubuh manusia. Dimana ginjal berfungsi untuk memebersihkan senyawa beracun pada tubuh manusia sebelum dialirkan keseluruh tubuh. Dan jika ginjal bermasalah maka akan terjadi gangguan fungsi pada ginjal untuk menyaring limbah serta membersihkan racun dari dalam darah. Baca juga: Selain Untuk Bayi, Inilah 8 Manfaat Baby Oil Untuk Orang Dewasa yang Jarang Diketahui Seperti dikutip pada @dr.zaidulakbar.resep, bahwa banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya masalah ginjal, diantaranya yaitu:

1. Mengonsumsi Garam Secara Berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi garam secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada organ ginjal. Makanan yang menganding tinggi garam dapat membuat tekanan pada darah meningkat dalam jangka panjang yang akan membuat organ ginjal menjadi rusak.

2. Sering Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Sering mengonsumsi obat pereda nyeridapat membahayakan ginjal. Sebab dalam obat pereda nyeri terdapat kandungan senyawa kimia yang berbahaya yang bisa merusak fungsi ginjal. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya hindari untuk terlalu sering memngonsumsi obat tersebut. Apabila dirasa nyeri tidak terlalu mengganggu sebaiknya jangan mengonsumsi obat tersebut, atau jika rasa nyeri dalam tingkat yang parah sebaiknya konsultasi pada dokter agar mendapat resep sesuai anjuran.

3. Kurang Minum Air Putih

Air putih menjadi kebutuhan yang wajib untuk tubuh. Sehingga perlu untuk menjaga tubuh agar terus memiliki cairan agar tidak dehidrasi. Dengan menjaga tubuh dari kekurangan cairan dapat menghindari beberapa penyakit juga bisa membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari dalam tubuh. Dan jika tubuh kekurangan cairan, maka fungsi ginjal pun akan menurun.

4. Sering Makan Makanan Olahan

Hal ini yang seringkali kita lakukan. Makanan olahan memang praktis dan mudah untuk dibuat. Akan tetapi makanan olahan seperti mie instan, mengandung banyak sekali pengawet dan dari makanan tersebut mengandung natrium dan fosfor. Kedua kandungan tersebut dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi secara terus menerus. Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Bunda Lakukan Agar Bayi Tumbuh dengan Cerdas

5. Sering Bergadang

Fungsi pada ginjal salah satunya yaitu mengendalikan siklus tidur sampai terbangun. Jika terlalu sering bergadang, maka kinerja ginjal akan melambat dan semakin lama akan rusak. Untuk itu hindari seringnya bergadang, dan mulai membiasakan untuk tidur teratur selama 8 jam setiap harinya. Hal-hal diatas tanpa kita sadari sering kita lakukan, namun ternyata kebiasaan tersebut bukan kebiasaan yang baik. Karena selain dapat mengganggu kesehatan juga akan merusak fungsi ginjal. Sebaiknya hindari pola hidup seperti di atas ya. Upayakan agar ginjal selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik secara normal. Dan mulai juga untuk mengubah pola hidup sehat.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X