• Rabu, 17 Agustus 2022

Hal-Hal yang Perlu Bunda Lakukan Agar Bayi Tumbuh dengan Cerdas

- Selasa, 31 Mei 2022 | 13:39 WIB
BabyAngel
BabyAngel

Tutwuri.id - Hal-hal yang dapat membantu para Bunda agar si kecil tumbuh dengan cerdas. Orang tua mana yang tidak ingin melihat buah hati mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal, sekaligus menjadi anak yang cerdas? Tentu seluruh orang tua pasti memiliki keinginan yang sama mengenai hal tersebut. Untuk membangun kecerdasan anak, peran orang tua sangatlah penting. Oleh karenanya, para Bunda khususnya wajib memiliki pengetahuan-pengetahuan parenting agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Baca juga: Strawberry Generation: Apa itu Strawberry Generation? Simak Penjelasannya Berikut! Anak usia dini adalah masa di mana perkembangan otaknya sangat pesat. Faktanya pada 90% pertumbuhan otak yang pesat pada anak, akan terjadi di usianya sebelum 5 tahun atau pada masa balita. Dan sebagian besar bergantung pada lingkungan bahasa mereka. Stimulasi pada anak berupa pengasuhan orang tua yang baik seperti berbicara, tersenyum, menunjuk, merespon, bernyanyi hingga bercerita akan membantu anak-anak mengembangkan dua rangkaian keterampilan penting. Seorang ahli bedah anak telah mempelajari perkembangan otak pada anak pada masa kanak-kanak dan memperhatikan bahwa banyak orang tua kurang menerapkan hal tersebut. Nah untuk itu coba Bunda simak hal-hal berikut ini sebagai penerapan pola asuh yang baik pada anak agarsi kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan cerdas.

1. Mendengarkan

-

Mendengarkan akan mendorong orang tua untuk membuat usaha sadar untuk memperhatikan apa yang menjadi fokus buah hati. Lalu kemudian akan membicarakannya dengan mereka, atau mengajak mereka berkomunikasi secara dini. Perhatikan pemandangan serta suara yang menarik perhatian si kecil pada saat Anda bersamanya. Karena mereka masih anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, jadi fokus dan perhatian mereka selalu berubah. Dan tugas orang tua adalah mencocokkan percakapan dengan apa pun yang menjadi perhatian si kecil ketika itu.

2. Berbicara Lebih Banyak

-
Setelah Anda mengetahui apa saja yang menjadi keinginan buah hati Anda, maka ikuti petunjuk mereka. Tingkatkan pengetahuan mereka dengan berbicara tentang hal-hal yang positive, dan juga perkenalkan juga dengan beragam bahasa. Berbicara lebih banyak dan banyaknya kosakata, akan menambahkan pula pengetahuan pada buah hati sehingga daya serap otaknya akan mengumpulkan banyak kosakata yang pernah Anda ucapkan. Karena semakin banyak kosakata yang dimasukkan ke dalam otak, maka semakin banyak pula koneksi otak yang dibangun si kecil. Dan dia akan semakin pintar berkomunikasi. Baca juga: Kurangi Kemacetan, kemendikbud Perpanjang Libur Sekolah hingga 12 Mei 2022

3. Ajak untuk Bergantian Berbicara

-
Selanjutnya adalah Anda mengajak si kecil untuk bergantian berbicara. Selalu ajak anak Bunda untuk berkomunikasi. Berpapun usia anak Bunda, Anda dapat bergantian bercakap-cakap. Celoteh pada seorang bayi, menunjuk serta gerakan dalam tubuhnya dapat diartikan sebagai dialog. Terlibat dalam mengajukan pertanyyan akan mendorong si kecil untuk menggambarkan dunia sekitar mereka. Tambahkan juga pengamatan dan emosi Bunda sendiri untuk mendorong perasaan saling bertukar. Nah, bagaimana Bunda? Sudah siap untuk melibatkan diri untuk mencerdaskan si kecil? Semoga artikel di atas dapat membantu Bunda untuk merawat si kecil secara positive.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X