• Minggu, 25 September 2022

Suka Minder? Coba Tips Berikut Agar Bisa Pede Ngomong Di Depan Umum

- Rabu, 16 Maret 2022 | 20:27 WIB
Tips Agar Pede Ngomong
Tips Agar Pede Ngomong

Tutwuri.id - Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Namun kalian tidak perlu khawatir sebab disini akan diulas tips cara PD ngomong di depan umum. Penelitian menunjukkan bahwa orang membentuk kesan tentang kompetensi seorang pemimpin hanya dalam waktu setengah menit. Ini berarti, dalam hitungan detik, pendengar akan memutuskan apakah Anda dapat dipercaya, dan mereka akan melakukannya berdasarkan bahasa tubuh dan atribut vokal Anda. Apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya sama pentingnya. Baca Juga: 5 Skill Digital Ini Wajib Kamu Kuasai Agar Dilirik Setiap Perusahaan Kabar baiknya adalah ada banyak bukti kuat yang menjelaskan bagaimana Anda dapat memberikan penampilan percaya diri dan kompetensi — bahkan jika Anda gugup atau takut di dalam.

Cara Terlihat Percaya Diri

Membuat kontak mata.

Melakukan kontak mata adalah langkah pertama untuk membangun kepercayaan dengan pendengar Anda. Ada cara sederhana untuk menjadi lebih baik dalam hal ini, tetapi perlu sedikit usaha: Rekam Diri Sndiri. Rekam diri Anda sedang berlatih presentasi di depan audiens yang kecil. Tonton rekamannya, catat semua waktu Anda melihat slide Anda alih-alih pada audiens Anda. Berlatih, dan rekam lagi. Setiap kali Anda melakukannya, cobalah untuk menghabiskan lebih sedikit waktu berbicara dengan slide dan lebih banyak waktu melakukan kontak mata dengan pendengar Anda. Berlatihlah sampai presentasi Anda dingin. Pertahankan postur terbuka. Postur terbuka berarti tidak ada pembatas antara Anda dan penonton. Ini termasuk lengan Anda. Pembicara yang tidak nyaman mungkin secara tidak sadar menyilangkan tangan, membentuk pose defensif tanpa menyadari bahwa mereka melakukannya. Pembicara yang percaya diri, sebaliknya, menjaga lengan mereka tidak disilangkan dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Cara Agar Terdengar Percaya Diri

Hilangkan kata-kata pengisi.

Hindari kata-kata yang tidak memiliki tujuan kecuali untuk mengisi ruang di antara kalimat. Ini adalah kata-kata seperti um , ah , seperti , dan yang ditakuti, Anda tahu ? Kata-kata pengisi yang berlebihan dapat mengganggu pendengar, dan membuat pembicara terdengar tidak percaya diri. Menghilangkannya juga merupakan salah satu kebiasaan paling sederhana untuk diperbaiki.

Luangkan waktu untuk berhenti sejenak.

Kebanyakan orang menggunakan kata-kata pengisi karena mereka takut diam. Dibutuhkan kepercayaan diri untuk menggunakan jeda dramatis. Jeda adalah seperti titik dalam kalimat tertulis. Ini memberi audiens Anda jeda di antara pemikiran. Baca Juga: Kebiasaan Buruk Pemicu Jerawat di Wajah

Variasikan Speed Anda Saat Berbicara.

Pembicara yang percaya diri memvariasikan kecepatan penyampaian verbal mereka. Mereka memperlambat dan mempercepat untuk menonjolkan poin terpenting mereka. Berikut diatas merupakan tips agar bisa Percaya Diri ngomong di depan umum. Semoga tips diatas bisa membantu kalian.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X