• Minggu, 25 September 2022

Selain Indah, Inilah 7 Khasiat Bunga Mawar yang Jarang Disadari

- Rabu, 2 Maret 2022 | 21:18 WIB
Khasiat Bunga Mawar
Khasiat Bunga Mawar

Tutwuri.id - Semua orang pasti kenal dengan mawar. bunga yang umum kita jumpai berwarna merah itu merupakan salah satu bunga yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Banyak yang menyebutkan bahwa mawar adalah ungkapan sebagai tanda rasa kasih sayang. Aromanya yang harum dan warnanya yang cantik memang sangat menawan. Manfaat mawar memiliki ciri semak berduri atau juga dengan sebutan tanaman memanjat yang bisa tumbuh dari 2 sampai 5 meter. Daun dari mawar memiliki warna hijau dan panjangnya sekitar 5 sampai 15 cm. Mawar memiliki bentuk duri yang seperti pengait  dan berfungsi untuk mengurangi kerusakan yang terjadi. Selain itu duri dari mawar juga berfungsi untuk melindungi akar dan juga untuk memanjat ke tanaman yang lain. Namun pada jenis mawar berduri yang lain, bentuk durinya sudah beradaptasi sehingga berbentuk lurus seperti halnya jarum. Baca Juga: Kaya Akan Protein, Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Telur Bagi Kesehatan Manfaat mawar bukan merupakan jenis tanaman tropis yang dapat hidup di kondisi iklim panas. Mawar membutuhkan udara yang sejuk untuk dapat tumbuh dan berkembang. Warna mawar memang sangat beragam, ada yang berwarna putih, ungu, biru dll. Namun yang sering kita temui adalah mawar yang berwarna merah. Di dalam manfaat mawar terdapat banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. terutama pada kelopak bunga mawar yang memiliki kadar vitamin C setara dengan buah apel, pir, dan juga ceri. Selain itu mawar juga mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B3, vitamin C, vitamin D, vitamin E, bioflavanoid, asam sitrat, falavanoid, fruktosa, asam malat, tanin, seng. Berikut ini 7 manfaat dari bunga mawar dalam hal mengatasi gangguan kesehatan:

Mengobati depresi

Aroma mawar yang harum di percaya mampu membantu mengatasi stres dan juga depresi. Selain itu banyak juga rumah yang di taruh mawar dalam ruangannya yang bertujuan untuk mengatasi stres.

Sebagai aroma terapi

Di dalam manfaat mawar terdapat zat yang mampu memberikan efek terapi dan juga untuk menghilangkan rasa sakit kepala.

Melembabkan kulit

Manfaat mawar di percaya dapat membantu melembabkan kulit. Kulit yang kering akan mengakibatkan menjadi bersisik dan juga tidak sehat. Kandungan polifenol di dalam mawar mampu membuatnya menjadi lembab.

Mengatasi kulit rusak

-
Manfaat Tersembunyi Bunga Mawar Kulit yang rusak bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Jika terus di biatkan tentunya akan sangat mengganggu. Manfaat mawar dengan kandungan omega 3 dan juga omega 6 mampu membantu untuk memperbaiki kulit yang rusak.

Menyehatkan mata

Mata yang sehat tentunya juga akan memberikan penglihatan yang baik pula. Manfaat mawar mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu meningkatkan kolagen di dalam tubuh. Fungsi kolagen untuk menyehatkan mata. Baca Juga: Selain Pelengkap Masakan, Inilah 5 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Mengobati batuk

Batuk bisa terjadi karena adanya gangguan di tenggorokan. Jika tidak segera di obati batuk akan mengganggu aktivitas kita. Manfaat mawar mampu mengobati batuk dengan cara menyeduh air panas. Lalu tambahkan gula dan konsumsi 2 kali sehari.

Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman semua orang. Tapi jika sampai berat badan melebihi batas maka menjadi masalah tersendiri. Selain mengurangi rasa percaya diri, berat badan yang berlebih juga akan menyebabkan beragam penyakit seperti jantung dan stroke. Manfaat mawar mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara menyeduh teh mawar dengan air panas dan di minum jika aroma harumnya sudah keluar.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X