• Senin, 3 Oktober 2022

Gurih! Inilah 6 Manfaat Kacang Mete Jika Dikonsumsi Secara Benar

- Rabu, 8 Desember 2021 | 21:37 WIB
Manfaat kesehatan Mengkonsumsi Kacang Mete
Manfaat kesehatan Mengkonsumsi Kacang Mete

Kacang merupakan jenis makanan yang banyak digemari oleh orang. Selain cocok digunakan untuk menemani waktu bersantai, ternyata beberapa jenis kacang sangat baik manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya ialah jenis kacang mete atau yang lebih sering disebut dengan Kacang Mede atau mente. Khasiat kacang mete bagi kesehatan ternyata cukup banyak Kacang mede merupakan kacang yang berasal dari biji buah jambu monyet atau jambu mede. Biasanya orang-orang menjadikan kacang ini sebagai camilan. Rasanya pun gurih dan sangat lezat. Tak hanya itu, kacang mete juga sering dimasukkan ke dalam olahan kue. Dibalik kegunaannya untuk bahan pangan, terdapat khasiat kacang mete yang wajib Anda ketahui.

1. Dapat menjaga kesehatan Jantung

Baik bagi Pria maupun Wanita khasiat kacang mete ini akan bekerja. Dalam mede terdapat asam oleat yang cukup banyak jumlahnya. Nutrisi tersebut berupa sejenis minyak tidak jenuh yang fungsinya dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi kandungan trigliserida. Baca Juga: Dipercaya Kaya Manfaat, Inilah 6 Khasiat Manjur Kencur Bagi Pengobatan Tradisional Bahkan, dalam jenis kacang-kacangan ini juga tersaji magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah. Apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka dapat menurunkan potensi sakit jantung koroner dan kardiovaskular.

2. Mampu Mencegah Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya. Namun Anda dapat menepiskan penyakit tersebut dengan rutin mengkonsumsi kacang mete. Karena kandungan proanthocyanidis yang termasuk jenis flavanol dalam mede dapat berguna untuk mencegah sel kanker berproduksi serta dapat mematikan sel tumor. Selain itu ada pula kandungan tembaga yang dapat berperan sebagai penangkal radikal bebas dan sumber antioksidan dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan Tulang

Khasiat kacang mete lainnya ialah dapat merawat tulang. Hal ini karena adanya magnesium yang berperan sebagai kalsium. Magnesium ini dapat menyusun tulang dan memberikan rasa fleksibel pada tulang sendi.

4. Meningkatkan kinerja otak

-
Khasiat Kacang Mete atau Mede Karena dalam kacang mede terdapat minyak tak jenuh ganda dan tunggal maka erat kaitannya dengan sistem produksi yang berada di otak. Karena kandungan tersebut, dengan menyantap kacang mete maka akan membantu peningkatan oksigen menuju ke otak, sehingga fungsi otak akan meningkat. Khasiat kacang mede tentu sangat menguntungkan.

5. Berperan baik untuk otot dan saraf

Magnesium yang tersedia dalam kacang mede juga menguntungkan bagi aliran saraf serta otot. Dengan magnesium, maka pembuluh darah otot akan terjaga untuk selalu rileks dengan proses diperlambatnya aliran kalsium yang menuju sel- saraf. Baca Juga: Jarang Dimanfaatkan, Inilah 4 Manfaat Biji Nangka Rebus Bagi Kesehatan

6. Membantu proses diet

Khasiat kacang mede yang tak kalah penting ialah dapat membantu program diet. Hal ini karena adanya serat yang tinggi dan lemak baik yang dapat menurunkan berat badan. Dengan rajin mengkonsumsi kacang mete sebagai camilan sehat, maka Anda akan memperoleh aneka khasiat kacang mede tersebut.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X