• Rabu, 5 Oktober 2022

Memiliki Aroma Harum, Inilah 9 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

- Jumat, 26 November 2021 | 19:02 WIB
Manfaat Daun Pandan
Manfaat Daun Pandan

Tutwuri.id - Daun pandan merupakan tumbuhan jenis dedaunan yang biasa digunakan sebagai penyedap dan pewarna makanan. Di Indonesia sendiri, daun pandan paling sering digunakan untuk campuran kolak. Namun, manfaat daun pandan tak hanya itu saja. Daun pandan memiliki berbagai kandungan penting yang baik untuk kesehatan. Dikutip dari Health Digezt, manfaat daun pandan bagi kesehatan antara lain:

1. Melawan konstipasi

Konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang sering kali muncul akibat kekurangan serat atau minuman. jika tak segera di atasi, konstipasi dapat memicu terjadinya wasir. Nah, sebelum konstipasi berujung pada wasir, mengapa tak mencoba mengatasinya dengan menggunakan manfaat daun pandan? Baca Juga: Selain Nyaman, Inilah 7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Manusia Untuk mengatasi konstipasi, Anda bisa meminum teh atau jus yang terbuat dari daun pandan. Mengolah terlebih dahulu daun pandan menjadi sirup juga bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi konstipasi.

2. Menghentikan kram daerah perut

Manfaat daun pandan lainnya adalah untuk mengatasi kram perut. Cara menggunakannya adalah dengan mengkonsumsi air seduhan daun pandan. dalam keadaan mendesak, Anda juga bisa mengunyah langsung daun pandan yang telah dicuci bersih.

3. Meningkatkan selera makan

Secangkir teh daun pandan dapat meningkatkan kembali selera makan yang hilang, manfaat daun pandan yang satu ini tentunya akan sangat membantu Anda yang kehilangan nafsu akan ketika sedang sakit. Selain itu, Anda juga bisa mengolah daun panda menjadi aneka kue yang cantik untuk memancing selera makan anak.

4. Penambah tenaga

-
Mengenal 9 Manfaat Daun Pandan Meminum secangkir teh daun pandan ternyata juga terbukti untuk meningkatkan stamina. Cara ini tak berlaku bagi pria saja, melainkan dapat juga diterapkan pada wanita yang kelelahan selepas persalinan.

5. Penurun demam

Manfaat daun pandan lainnya adalah menurunkan demam. Meminum jus daun pandan diketahui dapat menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Jika dikonsumsi secara rutin, jus daun pandan juga membantu meredakan nyeri dada akibat batuk.

6. Detoksifikasi racun

Seringkali Kita tak menyadari bahwa ada banyak racun yang tertumpuk dalam tubuh. Racun tersebut bisa berasal dari makanan, obat dan juga polusi udara. Untuk mengeluarkan racun tersebut, Anda hanya perlu megkonsumsi jus daun pandan atau teh pandan satu gelas setiap harinya.

7. Pemusnah ketombe

Daun pandan juga memiliki khasiat untuk menghilangkan ketombe. Caranya, tumbuk daun pandan dan ambil sarinya. Campurkan sari pandan tersebut dengan air dan gunakan untuk membilas rambut sehabis keramas.

8. Melegakan rematik

Manfaat daun pandan lainnya adalah untuk mengatasi nyeri rematik. Daun pandan memiliki sifat dingin dan dapat bekerja aktif melawan peradangan sendi. Cara memanfaatkannnya adalah dengan menumbuk daun pandan lalu menempelkannya pada bagian sendi yang sakit.

9. Penyegar nafas

Manfaat daun pandan yang terakhir adalah untuk menyegarkan nafas. Seperti yang Kita tahu, daun pandan memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Oleh karena itu, mengunyah daun pandan dapat menyegarkan nafas. Tak hanya itu, mengunyah daun pandan yang ditambahkan sedikit garam juga mampu menghentikan pendarahan gusi. Baca Juga: Mengenal 3 Manfaat Teh Herbal Bunga Sepatu Serta Cara Pembuatannya Bagaimana? Manfaat daun pandan sangat banyak bukan? Jadi, mulailah menanam daun pandan di pekarangan rumah Anda agar Anda bisa menikmati manfaatnya setiap hari.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X