• Senin, 3 Oktober 2022

Selain Nyaman, Inilah 7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Manusia

- Sabtu, 20 November 2021 | 14:02 WIB
Manfaat Mandi Air Hangat
Manfaat Mandi Air Hangat

Tutwuri.id - Sebagian orang selalu menggunakan air hangat untuk keperluan mandi, namun beberapa orang juga mempunyai pendapat jika mandi menggunakan air hangat hanya mempunyai sedikit manfaat. Manfaat mandi air hangat selain berfungsi untuk mengatasi dinginnya mandi menggunakan air biasa juga dapat meringankan nyeri, sakit disekitar panggul, serta gatal. Biasanya orang akan mengompres dengan air hangat apabila sakit pada perut atau panggul. Mandi dengan air hangat prinsipnya sama dengan kompres air hangat. Baca Juga: Mengenal 3 Manfaat Teh Herbal Bunga Sepatu Serta Cara Pembuatannya Selain manfaat mandi air hangat, berendam menggunakan air hangat juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Jangan takut jika kulit anda kering setelah mandi menggunakan air hangat. Anda bisa mengoleskan pelembab setelah selesai mandi.

Manfaat Mandi Air Hangat

Beberapa manfaat mandi air hangat selain mengurangi efek pegal dan nyeri setelah beraktifitas, mandi air hangat dipercaya mengembalikan kebugaran tubuh. Beberapa manfaat lain yang dapat diambil dari mandi air hangat, antara lain :

1. Memperlancar Peredaran Darah

Jika mandi atau berendam dengan air hangat dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, kaku pada leher dan menimbulkan reflek rileksasi.

2. Meringankan Sembelit

Ketika sembelit, area sekitar perut akan menegang disebabkan karean tidak dapat buang air besar dalam waktu yang cukup lama. Manfaat mandi air hangat dapat memberikan efek nyaman sehingga area perut yang menegang bisa mereda.

3. Meringankan Wasir

Wasir terjadi karena pembuluh darah mengalami pembengkakan yang disertai dengan peradangan. Penderita wasir biasanya mengalami gejala gatal, pendarahan, serta perasaan tidak nyaman disekitar area anus. Ketika mandi menggunakan air hangat dapat meredakan ketidaknyamanan tersebut. Baca Juga: Selain Diambil Kapasnya, Inilah 5 Manfaat Randu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

4. Memulihkan Fungsi Kelenjar Ptostat

Jika saluran ini mengalami pembengkakan dan peradangan maka kondisi tersebut dinamakan prostatis. Manfaat mandi air hangat mampu meredakan nyeri apabila kelenjar prostat mengalami prostatis. Disarankan untuk penderita prostatis rutin mandi atau berendam dengan air hangat.

5. Mengurangi Resiko Munculnya Jamur Pada Alat Reproduksi

Manfaat mandi air hangat dapat meredakan gatal yang terjadi akibat dari infeksi jamur seperti keputihan, iritasi dan gatal.

6. Membuat Tidur Nyenyak

Berendam beberapa saat dalam air hangat sebelum tidur, diyakini mampu membuat tidur anda nyenyak dan berkwalitas

7. Menimbulkan Reaksi Nyaman

Jika anda penderita saluran pernafasan seperti batuk, hidung tersumbat, asma, atau mengidap alergi dingin, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat Beberapa manfaat mandi atau berendam dengan air hangat diatas dapat anda coba. Namun disarankan jika dalam kondisi tertentu, seperti gangguan pada kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal seperti infeksi jamur agar dapat mengurangi frekwensi mandi dengan air hangat. Karena justru dapat memicu timbulnya rasa gatal. Penderita jantung koroner juga tidak disarankan mandi dengan air hangat atau mandi dengan air yang terlalu panas karena bisa menjadi stressor bagi tubuh dan memicu angin duduk atau terkena serangan jantung. Mandi adalah cara rutinitas terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mandi kita dapat menghilangkan segala kuman serta bakteri yang menempel pada kulit dan seluruh tubuh. manfaat mandi air hangat  dan berendam dengan air hangat dapat membunuh kuman. Baca Juga: Meskipun Rasanya Pahit, Inilah 11 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Selalu usahakan menggunakan air yang tidak terlalu panas, gunakan pelembab kulit setelah selesai mandi agar kelembapan kulit  tetap terjaga.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X