• Jumat, 12 Agustus 2022

Selain Diambil Kapasnya, Inilah 5 Manfaat Randu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

- Minggu, 26 September 2021 | 18:52 WIB
Manfaat Randu Bagi Kesehatan
Manfaat Randu Bagi Kesehatan

Tutwuri.id - Randu adalah salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam kerajaan plantae. Randu sendiri merupakan tanaman yang berasal dari daerah Karibia dan Amerika. Randu memiliki ketinggian yang bisa mencapai 30 meter lebih. Bentuk daun pohon randu bertipe majemuk berjari dengan bentuk lonjong memanjang. Randu memiliki bunga yang berwarna putih semu kekuningan serta buah yang berbentuk bulat memanjang dan berwarna hijau saat masih muda, dan akan berubah menjadi coklat setelah menjadi tua. Manfaat randu dalam masyarakat sering di ambil buahnya yang sudah tua sebagai isi bantal dan juga kasur. Karena di dalam buah randu terdapat kapuk yang lembut dan cocok untuk mengisi isi bantal. Selain itu masyarakat juga sering mengambil manfaat randu sebagai pengobatan yang alami. Baca Juga: Meskipun Rasanya Pahit, Inilah 11 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Di dalam randu sendiri memang terkandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh. Zat tersebut antara lain samak, hidrat, tannin, saponin, dammar, dan juga kandungan flavanoid. Begitu banyak kandungan senyawa yang bermanfaat di dalam randu. Hal ini membuat randu menjadi salah satu alternatif dalam pengobatan. Berikut ini beberapa manfaat randu untuk mengobati penyakit antara lain:

Mengobati Panas Dalam

Efek dari panas dalam dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, sariawan, tenggorokan kering dll. Tentunya keadaan ini akan sangat mengganggu aktivitas kita setiap hari. Manfaat randu dapat mengobati panas dalam dengan cara siapkan 5 lembar daun randu yang masih segar, cuci sampai bersih. Kemudian remas daun randu bersama dengan 2 gelas air. Tambahkan sedikit gula merah ke dalam air remasan tersebut. Saring dan minum 3 kali sehari.

Mengobati batuk

Batuk bisa terjadi karena radang tenggorokan atau juga karena adanya gangguan saluran pernafasan. Jika batuk tetap di biarkan maka akan mengganggu aktivitas kita. Cara mengobati batuk dengan manfaat randu adalah siapkan 2 lembar daun randu, lalu cuci sampai bersih. Tumbuk sampai halus kemudian seduh dengan segelas air panas. Aduk dan saring seduan randu tersebut. Minum 2 kali sehari.

Sebagai Obat Kumur

-
Mulut adalah tempat masuk dari makanan kita sebelum menuju ke perut. Jika kebersihan mulut tidak di jaga maka akan menimbulkan tumbuhnya bakteri yang akan menyebabkan bau mulut. Cara mengatasinya dengan manfaat randu adalah siapkan 3 lembar daun randu kemudian cuci sampai bersih. Remas daun randu tersebut dengan 2 gelas air. Saring dan gunakan airnya sebagai obat kumur.

Mengobati sakit mata

Mata adalah salah satu panca indera yang harus di jaga kesehatannya. Jika kesehatan mata terganggu maka akan menyebabkan penglihatan tidak bekerja dengan maksimal. Cara mengobati sakit mata dapat menggunakan manfaat randu. Caranya siapkan baskom yang besar dan 5 lembar daun randu. Cuci sampai bersih dan remas remas dengan tambahan air bersih. Saring dan tempatkan air remasan ke baskom. Celupkan mata pada air remasan sambil di kedip kedipkan.

Mengobari Wasir

Manfaat randu ternyata juga dapat di gunakan untuk mengobati wasir. Wasir adalah kondisi dimana pembuluh darah di anus mengalami penyumbatan. Hal ini akan menyebabkan pada anus akan tumbuh benjolan yang akan mengganggu saat BAB. Pengobatan dengan manfaat randu caranya siapkan 3 lembar daun rambu yang masih segar, lalu cuci sampai bersih. Rebus bersama dengan 2 gelas air. Diamkan sampai mendidih lalu saring. Tambahkan sedikit garam dapur dan minumlah 3 kali sehari. Baca Juga: Sering Dijadikan Lalapan, Inilah 6 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan dan Pengobatan Itulah tadi 5 manfaat dari tanaman Randu, selain bunganya menghasilkan kapas dan batang pohon bisa dimanfaatkan, daun serta berbagai macam bagian dari tanaman ini memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X