• Rabu, 17 Agustus 2022

Memasuki Pancaroba, Simak 4 Kiat Menjaga Kesehatan pada Pergantian Musim

- Jumat, 18 Juni 2021 | 13:00 WIB
Kiat Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba
Kiat Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba

Tutwuri.id - Selain suasana hati seseorang, musim juga dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang mudah berubah-ubah. Jika paginya cerah, maka belum tentu siang hari akan berlangsung cerah. Terkadang tiba-tiba datang hujan yang lebat. Musim yang berubah-ubah demikian dikenal dengan musim pancaroba. Untuk tetap fit di musim peralihan seperti itu, Anda wajib menjalankan tips menjaga kesehatan saat pancaroba. Tips menjaga kesehatan saat pancaroba yang tepat akan meminimalkan penyakit yang dapat menyerang. Biasanya jenis-jenis penyakit sewaktu musim peralihan ialah: diare, flu, demam, hingga penyakit saluran pernapasan. Baca Juga: Peralihan Musim Segera Datang, Cermati Bahaya Alergi Dingin Pada Tubuh Di kala musim pancaroba biasanya bakteri lebih pesat berkembang. Sehingga tidak heran jika terdapat banyak penyakit yang menghantui, terutama jika kondisi tubuh memang tidak benar-benar fit. Maka dari itu, lakukanlah beberapa tips menjaga kesehatan saat pancaroba berikut ini:

Banyak minum air putih

Tips menjaga kesehatan saat pancaroba yang pertama menganjurkan agar Anda tak lupa untuk mengkonsumsi air putih, agar mencegah terjadinya dehidrasi. Apabila Anda terkena dehidrasi, maka sudah pasti yang terjadi ialah lesu, kurang konsentrasi, pusing, murung, saluran hidung dan bibir kering, serta dapat terjadi melemahnya tubuh.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Biasakan mengkonsumsi makanan yang terdiri atas nutrisi dan vitamin yang lengkap serta seimbang. Untuk mendapatkan tubuh yang fit, Anda harus memakan makanan yang menawarkan banyak vitamin dan nutrisi, sehingga tubuh akan senantiasa segar bugar dan menepis kan dari penyakit saat peralihan musim yang tak menentu.

Minimalisir konsumsi gula

Terlalu banyak mengkonsumsi gula tidak akan baik dampaknya pada jangka panjang. Karena hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Kurangi takaran gula ketika hendak membuat kopi atau pun teh. Selain itu makanan manis seperti kue cokelat atau cookies sebagai camilan juga wajib dihindari. Lebih baik ganti lah dengan menu buah-buahan. Ini merupakan tips menjaga kesehatan saat pancaroba yang harus dilakukan agar tetap sehat di kala musim pancaroba menjelang.

Tidur yang cukup

Tidak cukup tidur akan membuat nampak lesu dan kurang bersemangat. Selain itu juga akan memberikan efek hitam pada kantung mata. Jam tidur yang cukup, yakni minimal 6 jam akan membuat tubuh menjadi bugar di keesokan harinya. Baca Juga: Perhatikan, Langkah Aman Menyembuhkan Luka Bakar yang Tepat Tanpa Bekas Selain makanan dan faktor istirahat yang cukup, olahraga juga penting dilakukan di saat musim pancaroba datang melanda. Dengan berolahraga maka aliran darah yang beredar dengan lancar. Jika Anda menjalankan serangkaian tips menjaga kesehatan saat pancaroba dengan telaten, maka tubuh akan terjaga dari bahaya penyakit sewaktu pergantian musim. Bahkan perlakukan yang tepat akan membuat tubuh Anda nampak lebih segar dan tetap fit dalam kondisi apa saja.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X