• Rabu, 5 Oktober 2022

Terjebak Kasus Pinjaman Online Ilegal? Segera Adukan Pada Sederet Instansi Berikut Ini

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:51 WIB
Terjebak pinjaman online (PixAbay)
Terjebak pinjaman online (PixAbay)

Tutwuri Id - Apakah kamu saat ini terjebak oleh kasus pinjaman online ilegal?

Saat ini marak terjadi kasus dalam pinjaman online. Mulai dari bunga yang tinggi hingga ancaman penyebaran data nasabah.

Pinjaman online memang sudah ada yang dilindungi OJK dan masih banyak juga yang masih ilegal atau tidak terdaftar di OJK.

Baca Juga: Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Tak Perlu Cuci Darah dan Cukup Konsumsi Makanan Ini

Oleh karena itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengingatkan agar masyarakat tidak terjebak oleh tawaran-tawaran dari pinjol yang tidak terdaftar di OJK. Terlebih lagi sejak 2019, OJK menerima banyak pengaduan dari masyarakat terkait pelanggaran yang dilakukan penyedia pinjol ilegal.

Dalam catatan OJK sejak 2019-2021, terdapat 19.711 pengaduan masyarakat terkait ulah pinjol ilegal ini. Sebanyak 9.270 (47,03 persen) tergolong pelanggaran berat. Sedangkan, 10.441 pengaduan terkait pelanggaran ringan/sedang.

Bentuk pelanggaran-pelanggaran berat yang paling banyak diadukan masyarakat, antara lain, pencairan pinjaman tanpa persetujuan pemohon, ancaman penyebaran data pribadi, penagihan kepada seluruh kontak HP dengan teror/intimidasi, dan penagihan dengan kata-kata kasar dan pelecehan seksual.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kamu Seorang Introvert Hangover: Begini Pengertian Introvert Hangover dan Cara Mengatasinya

Adapun pihak OJK selama ini telah melakukan pembinaan terhadap pinjol terdaftar dan berizin. Saat ini terdapat 107 pinjol terdaftar dan berizin dari OJK. Pihak OJK menegaskan, bagi seluruh penyelenggaran pinjaman online ini wajib masuk dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Halaman:

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X