• Rabu, 5 Oktober 2022

Cara Mengurus Surat Program Jaminan Persalinan JKN-KIS Beserta Syarat Kelengkapannya

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:43 WIB
syarat dan prosedur membuat surat jaminan persalinan JKN-KIS (PixAbay)
syarat dan prosedur membuat surat jaminan persalinan JKN-KIS (PixAbay)

Tutwuri Id - Cara mengurus surat program persalinan JKN-KIS serta syarat dan kelengkapannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa program jaminan persalinan merupakan manfaat dari program JKN-KIS. Yaitu jaminan sosial yang diberikah khusus pada ibu hamil yang akan melaksanakan persalinan dari pemerintah.

Meskipun ini merupakan sebuah program bantuan sosial. Ada berbagai hal dan prosedur yang harus dilaksanakan agar proses pembuatan dan persalinan tetap lancar.

Baca Juga: 17 Agustus Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 Hingga Seluruh Dunia Turut Merayakan Kemerdekaan Indonesia

Seperti dilansir dari laman Sekretaris Kabinet RI, Senin (18/7/2022), tujuan Inpres 5/2022 tersebut adalah untuk peningkatan akses pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir yang memenuhi kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu serta tidak memiliki jaminan kesehatan untuk mencegah kematian ibu dan bayi di Indonesia.
Program tersebut merupakan pengembangan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Instruksi Presiden itu ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Sosial (Mensos), para gubernur, para bupati/wali kota, serta Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Menko PMK diinstruksikan untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pelaksanaan Inpres Jampersal ini. Adapun, Menkes bertugas mendata sasaran dari Jampersal ini terkait jumlah ibu hamil, bersalin dan bayi yang lahir. Pendataan dan pengawasan fasilitas layanan kesehatan yang masuk dalam program ini. Melakukan verifikasi dan persetujuan klaim biaya pelayanan Jampersal dari BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak Spesial Kemerdekaan RI, Cocok Buat Bikin Story di Semua Sosmed Kamu

Pihak Kemenkes juga wajib berkoordinasi dengan Kemensos untuk mendaftarkan peserta Program Jampersal yang memenuhi kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional.

Halaman:

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X