• Rabu, 5 Oktober 2022

17 Agustus Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 Hingga Seluruh Dunia Turut Merayakan Kemerdekaan Indonesia

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:24 WIB
Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77 (PixAbay)
Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77 (PixAbay)

Tutwuri Id - 17 Agustus merupakan tanggal di mana seluruh masyarakat Indonesia merayakan ulang tahun dan tahun 2022 ini menjadi kemerdekaan yang ke-77.

Tidak hanya warga Indonesia, namun seluruh dunia turut merayakan dan saling memberikan ucapan kepada Bangsa Indonesia.

Sejumlah tim olahraga turut mengucapkan selamat khusus saat detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus kemarin.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak Spesial Kemerdekaan RI, Cocok Buat Bikin Story di Semua Sosmed Kamu Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak Spesial Kemerdekaan RI, Cocok Buat Bikin Story di Semua Sosmed Kamu

Untuk HUT ke-77 Republik Indonesia kali ini, tema yang diangkat adalah Festival Pacu Jalur. Ilustrasi tersebut menggambarkan lima orang berwajah ceria sedang mengayuh perahu kayu. Kelimanya terlihat berpakaian adat Papua, Jawa, Sulawesi, Betawi, dan Maluku. Perusahaan multimedia yang berpusat di California, Amerika Serikat ini mengundang khusus ilustrator asal Bandung, Jawa Barat bernama Wastana Haikal untuk membuat Google Doodle HUT ke-77 Republik Indonesia.

Dalam keterangannya seperti dikutip Doodle Catalog disebutkan bahwa festival ini biasa diadakan tiap tahun di Sungai Batang Kuantan, Riau yang airnya berhulu dari Danau Singkarak di Sumatra Barat. Festival diikuti oleh ratusan perahu aneka corak dan warna. Tiap perahu diisi oleh enam orang berpakaian adat.

"Sebagai negara maritim, Festival Pacu Jalur adalah satu dari sekian acara tradisi sejenis yang mengajarkan arti penting dari sebuah kerja sama tim. Ini sejalan dengan semboyan nasional bangsa ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika yaitu walaupun berbeda tetapi tetap satu," tulis Doodle Catalog.

Baca Juga: Tips Memilih Laptop Terbaik: Salah Satunya Adalah Prioritas Ukuran Layar yang Berkualitas

Tim Olahraga

Halaman:

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X