• Senin, 3 Oktober 2022

Do'a Akhir dan Awal Tahun Hijriyah: Arab, Latin Beserta Terjemahannya

- Jumat, 29 Juli 2022 | 13:44 WIB
studying-5831644__340
studying-5831644__340

Tutwuri.id - Awal tahun akan dimulai besok pada tanggal 30 Juli 2022. Seluruh umat Islam akan memasuki tahun baru Hijriah 1 Muharram 1444 H. Sebagian umat Muslim akan merayakan dengan membaca surat yaasiin dan do'a bersama di masjid atau secara individu di rumah. Walaupun tidak ada dalil yang mewajibkan ataupun menganjurkan, namun ada juga dalil yang melarang bacaan dan do'a-do'a untuk dibaca pada akhir tahun sehingga hukum membaca do'a akhir tahun adalah mubah atau boleh dikerjakan. Baca juga: Tata Cara dan Do’a Setelah Shalat Dhuha 4 Rakaat Pembacaan do'a dilakukan pada saat pergantian tahun Hijriyyah atau tahun Islam. Di mana pergantian harinya adalah sebelum maghrib yaitu pada 29 Dzulhijjah. Sedangkan untuk awal tahun dihitung mulai pada saat masuk waktu maghrib yaitu pada 1 Muharram. Dan berikut ini adalah do'a akhir tahun dibaca setelah ashar hingga menjelang maghrib:
-
Do'a akhir tahun Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya dalam bahasa Indonesia:

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X