• Rabu, 5 Oktober 2022

Gunakan 4 Bahan Ini: Bisa untuk Atasi Permasalahan Asam Lambung

- Rabu, 6 Juli 2022 | 12:48 WIB
tea-6597700__340
tea-6597700__340

Tutwuri.id - Memiliki penyakit asam lambung memang seringkali dapat mengganggu aktivitas. Asam lambung memang bukan satu penyakit yang berbahaya. Namun jika dibiarkan akan menjadi permasalahan yang cukup serius pada akhirnya. Gejala asam lambung yaitu ditandai dengan mual dan batuk. Penyakit asam lambung ini seringkali muncul efek dari pola makan serta gaya hidup yang tidak baik dan kurang sehat. Asam lambung tinggi biasanya ditandai dengan adanya mual, mulas, dada terasa terbakar hingga batuk. Penyebab dari penyakit asam lambung adalah diantaranya: Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan, Jagalah Mental Anda Salah Satunya
  • Kelebihan berat badan
  • Stres
  • Konsumsi makanan tinggi lemak dan pedas
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol
  • Efek samping obat-obatan
Nah akan tetapi jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat herbal bagi para penderita asam lambung. Sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi banyak obat-obatan kimia bagi yang tidak menyukainya. Bahan-bahan tersebut dapat dijadikan teh herbal sebagai pereda asam lambung tinggi. Apa sajakah bahan tersebut. Mari kita simak.

1. Teh Daun Kemangi

-
Teh Daun Kemangi Pertama adalah teh daun kemangi. Melansir pada buku "120 Jus Dahsyat Buah & Sayuran Ampuh Atasi 12 Penyakit" karya Wied Harry Apriadji. Daun kemangi mengandung vitamin C, betakaroten, fosfor, kalsium, zat besi, apigenin, eugenol, asam amino arginin, dan triptofan. Kemangi juga efektif untuk membantu menurunkan asam lambung tinggi bila dikonsumsi dengan tepat. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa menyediakan 4 lembar daun kemangi segar. Kemudian rebus daun tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian teh daun kemangi dapat diminum pada saat masih hangat.

2. Teh Jahe

-
Teh Jahe Kemudian teh jahe. Mengutip dari Medical News Today, jahe secara alami dapat menenangkan perut dan mengurangi produksi asam lambung. Teh jahe bisa Anda campurkan dengan madu dan konsumsi ketika hangat, dapat menurunkan asam lambung tinggi.

3. Teh Chamomile

-
Teh Chamomile Teh chamomile juga dapat memberikan efek meredakan stres dan pemicu asam lambung tinggi. Dari hasil sebuah penelitian menunjukkan ekstrak chamomile ternyata bisa menurunkan asam lambung yang disebabkan oleh antasid. Baca juga: Mudah Ditemukan, Simak 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

4. Teh Sereh

-
Teh Sereh Yang terakhir yaitu teh sereh. Teh sereh ini mengandung vitamin A, C, zat besi, magnesium, selenium, dan seng. Dari klikdokter.com, kandungan antioksidan yang ada pada sereh bisa membantu meredakan gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup meminum air rebusan sereh secara teratur. Cara membuatnya yaitu siapkan sereh segar 1-3 batang, cuci bersih dan iris kecil-kecil. Lalu seduh dengan air hangat dan diamkan sampai 5 menit. Setelah itu Anda sudah bisa meminumnya. Nah, itulah bahan alami untuk membuat teh herbal sebagai pereda asam lambung tinggi yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X