• Rabu, 17 Agustus 2022

Mengenal Materi Vektor: Pengertian, Jenis, Hinga Sejarah Analisis Vektor

- Selasa, 31 Mei 2022 | 14:29 WIB
Logopit_1653982040387[1]
Logopit_1653982040387[1]

Tutwuri.id - Materi tentang Vektor, mari kita simak pengertian vektor sekaligus jenis-jenis vektor. Sudah pada tahu ya tentunya mengenai pengertian hingga jenis vektor dalam kinematika. Materi ini merupakan pelajaran SMA. Dan vektor sangatlah penting dalam perhitungan baik Matematika ataupun fisika. Dan untuk yang masih belum menginjak SMU, boleh juga untuk kalian menyimak artikel ini. Sebagai pengetahuan agar nantinya kamu sudah tidak asing lagi dengan pelajaran yang satu ini. Baca juga: Auto Benar Semua! Berikut Daftar Aplikasi Terbaik Untuk Membantu Menjawab Soal Sekolah, Gratis dan Mudah Lho!

Pengertian Vektor

Sebelum mengetahui vektor, sebaiknya kalian juga tahu dulu sejarah analisis vektor.  Jadi, penemu analisis dan perhitungan vektor adalah Jossiah Williard Gibbs. Josiah Williard Gibbs mengemukakan gagasannya tentang analisis vektor pada tahun 1880. Ia mengembangkan perlambangan aljabbar dan vektor. Yang kemudian gagasan analisis vektor ini akhirnya dikembangkan oleh banyak matematikawan atau fisikawan dengan berbagai cara, sehingga menghasilkan perhitungan vektor yang kita pakai saat ini. Vektor merupakan ruas garis berarah yang mempunyai nilai atau besaran tertentu. Beberapa besaran fisika yang termasuk dalam perhitungan vektor adalah gaya, kecepatan, percepatan dan lain-lain.

Jenis-Jenis Vektor

1. Vektor Dua Dimensi

Yaitu merupakan vektor yang menempati ruang dua dimensi (R^2). Vektor ini terdiri dari dua komponen dan biasanya digambarkan pada bidang koordinat Cartesius dengan sumbu x dan sumbu y.

2. Vektor Tiga Dimensi

Yaitu merupakan vektor yang menempati bidang ruangtiga dimensi (R^3). Vektor ini terdiri dari tiga komponen dan biasanya digambarkan pada bidang koordinat Cartesius dengan sumbu x, sumbu y, dan sumbu z.

3. Vektor Nol

Yaitu vektor yang mempunyai titik-titik pangkal serta titik ujungnya berimpit. Vektor nol memiliki besaran atau panjang nol dan arah yang tidak menentu.

4. Vektor Satuan

Yaitu vektor yang mempunyai panjang 1 satuan. Vektor ini dituliskan sebagai e, misal e=1.

5. Vektor Posisi

Yaitu vektor yang berpangkal di titik O pada suatu bidang koordinat. Vektor posisi terdiri dari dua komponen yaitu sumbu x dan sumbu y.  Misal: Titik A(x,y).

6. Vektor Sejajar

Yaitu vektor yang memiliki arah yang sama. Ketika ada dua vektor yang sejajar dengan nilai yang sama, maka kedua vektor itu sama atau sejajar.

7. Vektor Berlawanan

Yaitu vektor yang memiliki besaran yang sama, namun memiliki arah yang berbeda atau berlawanan. Contoh manfaat vektor dalam kehidupan sehari-hari antara lain seperti permainan jungkat-jungkit, pendaratan pesawat terbang, atau pengibaran bendera saat upacara, dan masih banyak lagi.

Editor: Nuril Maulidiyah

Tags

Terkini

X