• Senin, 3 Oktober 2022

Mudah Ditemukan, Simak 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

- Jumat, 29 April 2022 | 18:15 WIB
Manfaat Buah Nangka
Manfaat Buah Nangka

Tutwuri.id - Nangka adalah salah satu buah yang keberadaannya cukup banyak di Indonesia. buah nangka memiliki rasa yang manis dan teksturnya sedikit kenyal. Nangka memiliki kulit luar seperti durian yaitu berduri. Tapi nangka memiliki kulit tidak setajam kulit durian. Nangka memiliki rasa yang manis yang membuat masyarakat banyak yang mengkonsumsinya. Buah nangka termasuk kategori buah yang memiliki serat. Di dalam nangka juga banyak sekali terdapat kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Baca Juga: Jarang Dimanfaatkan, Inilah 4 Manfaat Biji Nangka Rebus Bagi Kesehatan Beberapa nutrisinya antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, seng, niacin, fruktosa, glukosa, kalium, kalsium, potasium, magnesium, riboflavin. Begitu banyak kandungan di dalamnya membuat manfaat nangka dalam kesehatan juga beragam. Berikut ini beberapa manfaat nangka untuk mengatasi gangguan kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bertugas untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis virus, bakteri dan juga jamur. Jika sampai sistem kekebalan tubuh menurun maka tubuh akan gampang sekali terserang penyakit. Salah satu manfaat nangka adalah sebagai anti oksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C di dalam nangka mampu menjadi anti oksidan yang cukup baik dalam meningkatkan sistem kekbalan tubuh.

2. Meningkatkan energy

Energi mempunyai fungsi yang penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika energi tidak ada, maka tubuh tidak akan mampu berativitas seperti biasa. Manfaat nangka di percaya mampu meningkatkan energi di dalam tubuh dengan kandungan gula seperti fruktosa dan glukosa. Dengan kandungan gula tersebut maka tubuh akan dapat menjalankan aktivitas dengan normal.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung terjadi karena naiknya tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi mampu di turunkan dengan zat kalium. Manfaat nangka mampu menurunkan tekanan darah dengan kadar zat kalium di dalamnya sehingga penyakit jantung dapat di cegah

4. Meningkatkan Penglihatan

Mata merupakan panca indera yang harus selalu di jaga kesehatannya. Jika mata sampai terjadi gangguan dalam penglihatan maka akan sangat mengganggu dalam menjalankan aktivitas. Manfaat nangka bisa membantu menambah asupan vitamin A untuk kesehatan mata dan juga berfungsi sebagai anti oksidan.

5. Menurunkan Penuaan Dini

Efek radikal bebas yang sangat buruk dapat membuat kita akan terlihat lebih tua. Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam manfaat nangka berperan sebagai anti oksidan yang akan melawan efek radikal bebas sehingga penuaan dini dapat di hindari. Baca Juga: Meskipun Rasanya Pahit, Inilah 11 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

6. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah kondisi tubuh yang memiliki kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Jika kondisi gula dalam darah tinggi maka akan menyebabkan diabetes menyerang. Manfaat nangka mampu membantu mengobati diabetes.

7. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Sel kanker akan menyebar dan akan menggerogoti tubuh dan akan berakhir dengan kematian. Sel kanker bisa tumbuh jika di dalam tubuh terjadi radikal bebas. Manfaat nangka mampu memberikan perlindungan dari kanker dengan kandungan vitamin C. Selain itu di dalam nangka juga kaya akan fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan juga saponin yang bertugas melawan sel kanker di dalam tubuh. kandungan fitonutrien di dalam manfaat nangka juga mampu menangkal efek buruk radikal bebas dan juga akan melambatkan proses deregenerasi sel.

8. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi tubuh yang mengalami tekanan darah rendah. Anemia akan menyebabkan tubuh akan terasa lelah, letih, lesu, lunglai, lemas atau biasa di sebut 5L. Manfaat nangka bisa mencegah terjadinya anemia karena kandungan zat besi di dalamnya.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X