• Jumat, 12 Agustus 2022

Cara Menghitung Luas Lingkaran, Lengkap dengan Rumus, Contoh Soal, dan Pembahasan

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 15:31 WIB
Rumus dan Cara Menghitung Luas Lingkaran
Rumus dan Cara Menghitung Luas Lingkaran

Tutwuri.id - Dalam menghitung luas lingkaran dalam matematika berbeda dengan cara menghitung bangun datar lainnya seperti persegi maupun segitiga. Jika rumus menghitung luas persegi cukup mengalikan masing-masing sisi, untuk menghitung luas lingkaran kamu harus mengetahui terlebih dahulu jari-jari lingkaran. Pembahasan terkait luas lingkaran masih banyak diulas baik pada pelajaran matematika tingkat SD, SMP, maupun SMA dimana untuk menghitungnya dengan rumus seperti dibawah.

Rumus Luas Lingkaran

L= π × r²
L: Luas Lingkaran yang dicari π: Konstanta pi dapat diisi dengan (3.14 atau 22/7) r: jari-jari lingkaran Untuk menghitung Luas Lingkaran, pertama tentukan terlebih dahulu jari-jari lingkaran yang dapat ditemukan dengan menghitung diameter lingkaran dibagi 2. Selanjutnya jika sudah mendapat hasil jari jari lingkaran r maka kamu selanjutnya kamu dapat memasukkan dalam tabel rumus.

Contoh Soal Luas Lingkaran

Sebagai gambara, berikut adalah contoh soal Luas Lingkaran apabila diketahui diameter lingkaran dengan panjang 28 cm. Berikut pembahasannya. diketahui: d: 20 cm r: d/2 = 10 cm Jawaban: L= π × r² L= 22/7 x 10² L= 22/7 x 100 L= 314 cm Contoh kedua, diketahui jari-jari lingkaran memiliki panjang 14 cm, berapakah luas lingkaran diketahui: r: 14 cm Jawaban: L= π × r² L= 22/7 x 14² L= 22/7 x 196 L= 616 cm Itulah tadi penjelasan terkait cara menghitung luas lingkaran lengkap beserta rumus dan contoh soal dalam matematika. Hal yang paling utama dalam penentuan luas lingkaran yakni dengan menghitung secara pasti jari-jari lingkaran sebelum dimasukkan dalam rumus. Untuk mengetahui jari-jari lingkaran, kamu dapat menentukan titik tengah lingkaran atau menemukan diameter lingkaran dan dibagi dua. Rumus ini hanya dapat dipakai untuk lingkaran sempurna dengan titik pusat lingkaran berada pada bagian tengah lingkaran.

Editor: Arindi

Tags

Terkini

X