Coronavirus: AS menghentikan pendanaan ke WHO, kata Trump

    0
    469

    Presiden AS Donald Trump mengatakan dia akan menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena telah “gagal dalam tugas dasarnya” dalam tanggapannya terhadap wabah koronavirus.

    Dia menuduh badan PBB itu salah mengatur dan menutupi penyebaran virus setelah muncul di Cina, dan mengatakan itu harus dimintai pertanggungjawaban.

    Menanggapi hal itu, kepala PBB mengatakan “bukan waktunya” untuk memotong dana ke WHO.

    Trump mendapat kecaman karena menangani pandemi itu sendiri.

    Dia telah berusaha untuk menangkis kritik yang terus-menerus bahwa dia bertindak terlalu lambat untuk menghentikan penyebaran virus dengan menunjukkan keputusannya pada akhir Januari untuk membatasi perjalanan dari Cina.

    Dia menuduh WHO telah “mengkritik” keputusan itu dan bersikap bias terhadap Cina secara lebih umum.

    AS adalah pemberi dana tunggal terbesar badan kesehatan global dan memberikannya lebih dari $ 400 juta pada tahun 2019.

    Keputusan apakah AS akan melanjutkan pendanaan akan dilakukan setelah peninjauan, yang dikatakan Trump akan berlangsung 60 hingga 90 hari.

    WHO belum menanggapi secara langsung tetapi Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan masyarakat internasional harus bersatu “dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini”.

    “Adalah keyakinan saya bahwa Organisasi Kesehatan Dunia harus didukung, karena sangat penting bagi upaya dunia untuk memenangkan perang melawan Covid-19,” katanya.

    Menteri luar negeri Jerman tweeted bahwa memperkuat “kurang dana” WHO adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan saat ini.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here