Tutwuri.id
News and Edutainment

Warga Kembali ke Wamena, Menkopolhukam Pastikan Situasi Kondusif

Tutwuri.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memastikan kepada masyarakat situasi di Wamena saat ini sudah kondusif, TNI dan POLRI akan selalu menjamin keamanan yang ada di Wamena.

“Jangan takut lagi untuk kembali ke Wamena. Kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai kembali usaha yang sudah dirintis bertahun tahun lalu. Mereka yakin bahwa hidup mereka disana,” ungkap Wiranto saat mrngunjungi pengungsi di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, bersama para menteri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Rabu (09/10/2019).

Menkopolhukam Wiranto juga mengimbau kepada para pengungsi yang masih berada di Jayapura maupun yang sudah kembali ke kampung halamannya agar kembali ke Wamena.

Di tempat terpisah,  Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan bahwa sebanyak 106 warga pendatang yang sebelumnya sempat meninggalkan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pasca terjadinya kericuhan, kini telah kembali ke Wamena.

Kembalinya para pengungsi ini menandakan situasi keamanan di Wamena telah berangsur membaik.

Asep menyebut bahwa tokoh adat maupun tokoh masyarakat setempat terus menyerukan kepada warga pendatang agar kembali ke Wamena.

“Diimbau agar yang sudah kembali ke kampung halamannya agar kembali ke Wamena. Masyarakat Wamena sudah merindukan mereka. Itu karena jalinan emosional (warga asli dan warga pendatang) sudah sangat baik,” katanya.

Kabagpenum menambahkan, meski kondisi keamanan berangsur membaik, TNI-Polri tetap berjaga di Wamena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca peristiwa ricuh.

Sumber antaranews.com
Penulis Ali
Berita Lainnya