Tutwuri.id
News and Edutainment

Diikuti 540 Stand, Jatim Fair Targetkan Transaksi Rp 100 Miliar

Tutwuri.id – Sebanyak 540 stand turut berpartisipasi dalam pameran terbesar di Indonesia Timur, Jatim Fair 2019. Bertajuk “Semarak Belanja Hiburan dan Rekreasi Keluarga” Jatim Fair tahun ini (2019,red) diharapkan mampu menyedot pengunjung mencapai lebih dari 125.000 orang dengan total transaksi lebih dari Rp 100 Miliar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, berharap Jatim Fair akan menjadi bagian dari pertemuan antara produsen dengan buyer baik skala nasional hingga internasional. Sehingga, Khofifah yakin gelaran Jatim Fair ini akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Jatim.

“Tahun ini adalah kali ke 10 Jatim Fair digelar. Beragam acara menarik sudah disiapkan untuk memeriahkan Jatim Fair 2019 ini,” ungkap Gubernur Khofifah saat membuka Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya, Selasa (08/10/2019).

Khofifah mengatakan, Jatim Fair menjadi forum bisnis yang mempertemukan antara produsen dan juga pembeli/buyer. Tidak hanya dari Jawa Timur, lanjut dia, namun juga dari luar provinsi dan pulau serta manca negara dengan berbagai background diantaranya investor, komunitas bisnis, trader, mahasiswa, pelajar, pegawai negeri sipil dan swasta, dan lain sebagainya.

“Setiap tahun Pemprov Jatim terus berbenah dalam penyelenggaraanya. Saya yakin gelaran Jatim Fair tahun ini akan meninggalkan kesan mendalam karena akan ada banyak kejutan selama Jatim Fair digelar,” tuturnya.

Sementara itu, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menuturkan, dalam pameran tersebut juga didispalay berbagai kerajinan unggulan di bawah pembinaan Dekranasda Jatim. Harapannya, ke depan produk kerajinan ini akan mampu menyasar hingga ke pasar Eropa. Untuk itu, pihaknya sengaja mendatangkan salah satu pelaku usaha kerajinan asal Eropa yaitu Ithemba dating ke Jatim Fair ini.

“Selain menajamkan kerjasama, kedatangan Ithemba ini juga sekaligus akan berbagi informasi dan mempelajari beberapa potensi kria di Jatim. Karena sebelumnya, Ithemba juga telah membawa produk-produk kerajinan dari Asia Tenggara ke Eropa,” tutur Emil.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setdaprov Jatim Dyah Wahyu Ermawati menambahkan, dari 540 stand yang dipamerkan di Jatim Fair, terdapat display produk UMKM dan inovasi unggulan OPD, serta produk-produk unggulan dari provinsi di luar Jatim. “Variasi produk yang dipamerkan tahun ini lebih banyak. Sehingga pengunjung akan semakin tertarik untuk terus berbelanja,” ungkap Dyah Erma.

Selain semarak wisata belanja, Jatim Fair juga menyuguhkan Talkshow, Demo Produk, Pesta Mainan Anak Indoor dan Outdoor, Launching Product, Display Sampling, Aneka Lomba & Doorprize, Bazar dan Gebyar Diskon. Berbagai produk kerajinan daerah dan pertunjukan kesenian juga turut digelar untuk semakin memeriahkan suasana. Sejumlah artis dan band nasional juga dijadwalkan tampil di acara tersebut diantaranya Tulus, Padi, Tipe-X, Naif dan Sheila On 7.

Penulis Pri/Han
Berita Lainnya