Tutwuri.id
News and Edutainment

Proyeksi Piala Dunia U-20, PSSI Bangun Training Camp di Sukabumi

Tutwuri.id – PSSI mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berkomitmen membantu PSSI untuk pembangunan sarana Training Camp di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Hal ini disampaikan langsung Wakil Ketua Umum II PSSI, Cucu Soemantri seusai bertemu dengan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimeljono di kantornya, Kamis (7/11/2019).

“Kami menyampaikan terima kasih. Ini sinergi yang luar biasa antara PSSI dengan pemerintah. PSSI memang membutuhkan fasilitas training camp untuk tempat pemusatan latihan tim nasional,” kata Cucu Soemantri yang didampingi anggota Komite Eksekutif PSSI, Somhadji dan beberapa staf PSSI.

Jenderal TNI bintang dua ini menambahkan, rencana pembangunan training camp ini hasil pembahasan dalam rapat komite eksekutif PSSI yang dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Selasa (5/11/2019) lalu. “Untuk Training Camp ini, Komite Eksekutif PSSI telah menyiapkan lahan seluas sekitar enam hektar. Kami memproyeksikan bisa selesai menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021,” ujar Cucu melalui keterangan resmi.

Dengan memilki training camp, kata Cucu, maka akan memudahkan kegiatan pemusatan latihan tim nasional, mulai dari timnas U-16, U-19, U-23 dan senior. Koordinasi dan diskusi program pelatih juga bisa dilakukan di tempat ini. “PSSI pun akan lebih bisa menghemat anggaran timnas,” jelas Cucu.

Selama ini, PSSI belum memiliki training camp sendiri. Untuk latihan tim nasional, pelaksanaannya dilakukan di tempat yang berbeda-beda, seperti di kawasan GBK Jakarta, Stadion Pakansari, Stadion Padjajaran Bogor, Stadion UNY Yogyakarta, Stadion I Wayan Dipta, Stadion Patriot, Stadion Wibawa Mukti dan Stadion Delta Sidoarjo. PSSI juga harus membayar hotel untuk penginapan tim.

Menteri PUPR Mochamad Basoeki mengatakan, pihaknya siap membantu membangunkan fasilitas bangunan serta akses jalan untuk training camp. “Jika memang lahannya sudah ada dan siap, kami akan membantu,” kata Basoeki.

Penulis dwi
Berita Lainnya