Tutwuri.id
News and Edutainment

Bonek Bareng Pemkot Percantik Stadion GBT

Tutwuri.id – Rencana Pemkot Surabaya menggelar kerja bakti massal untuk mempercantik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jum’at (08/11/19), ternyata mendapat dukungan dari berbagai pihak. Tanpa terkecuali supporter sepak bola yang akrab disapa Bonek ini.

Dukungan ini mengalir dari Bonek sebagai bentuk kecintaan mereka kepada Kota Surabaya dan Stadion GBT yang ditunjuk sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Koordinator Tribun Timur, Hasan Tiro mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah Pemkot Surabaya dalam rangka kerja bakti massal bersih-bersih di area Stadion GBT. Bahkan, mereka mengaku bakal turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 06.00 Wib itu.

“Untuk persiapan besok di hari Jum’at, teman-teman bonek akan all out untuk datang kegiatan bersih-bersih GBT yang dilaksanakan oleh pihak wali kota dan teman-teman Bonek semua,” kata Hasan, Kamis (07/11/19) pagi.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif, apalagi pasca insiden yang sebelumnya terjadi di Stadion GBT. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini pihaknya ingin membuktikan bahwa Bonek juga siap berkontribusi dalam upaya mempercantik Stadion GBT.

“Untuk ke depan hari Jum’at (08/11), teman-teman Bonek akan membuktikan bahwa kejadian kemarin adalah spontanitas, bahwa kita siap untuk memperbaiki kerusakan di GBT,” jelasnya.

Tak hanya kerja bakti massal bersih-bersih Stadion GBT. Bahkan, Hasan juga mengusulkan agar diadakan agenda lain, seperti penanaman pohon di kawasan tersebut. Maka dari itu, sebagai bentuk kontribusi awal, hari Jum’at besok, Hasan mengakui bakal menyiapkan beberapa tanaman untuk ditanam di sekitaran GBT.

“Sebagian teman-teman sendiri sudah menyiapkan tanaman untuk ditanam di GBT besok. Sebagai simbolis dari teman-teman ada sekitar 50 tanaman yang akan dibawa teman-teman,” ungkapnya.

Hasan menegaskan, ide penanaman pohon ini juga sebagai upaya mencounter isu-isu yang berkembang akhir-akhir ini di media sosial.

“Karena sesuai dengan isu-isu yang berkembang di media sosial tentang bau sampah yang sangat tidak mengenakkan bagi kami dari teman-teman bonek sendiri. Kok seperti itu, harusnya kan ada solusi, bukan pemindahan stadion,” tegasnya.

Hasan menilai, karena hari Jum’at merupakan hari aktif kerja, makanya ia ingin agar nantinya ada agenda serupa yang bisa dilaksanakan di hari libur.

“Mungkin agenda hari Jum’at ini kan yang datang juga tidak seberapa banyak, karena waktu juga mepet di hari Jum’at juga banyak teman-teman Bonek yang bekerja,” katanya.

Karena itu, Hasan menambahkan, komunitas Bonek di Surabaya juga ingin mengadakan kegiatan serupa, namun bertepatan dengan hari Minggu atau libur.

“Mungkin di hari-hari lain pas libur kerja atau libur sekolah kita akan mengagendakan bersih-bersih massal di GBT dengan teman-teman Bonek,” pungkasnya.

Penulis A1
Berita Lainnya