Tutwuri.id
News and Edutainment

Sepuluh Ribu Konten Digital Disediakan Repositori Kemendikbud

Tutwuri.id – Bagi masyarakat yang ingin menambah wawasan keliterasian, terutama membaca bacaan dalam format digital kini cukup mengakses http://repositori.kemdikbud.go.id/ . Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyediakan 10.881 terbitan koleksi  bacaan.

Kepala Subbagian Perpustakaan BKLM, Chaidir Amir mengatakan jumlah koleksi di Repositori akan terus ditingkatkan, karena saat ini BKLM gencar melakukan sosialisasi kepada unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud di berbagai daerah, agar mereka mengunggah hasil terbitan di unit kerjanya masing-masing.

Masyarakat dapat mengunduh koleksi-koleksi di Repositori Kemendikbud, tanpa perlu mendaftar ataupun melakukan login ke aplikasi. “Masyarakat bebas mengunduh koleksi Repositori tanpa login terlebih dahulu. Jumlah pengunduh terus mengalami kenaikan pesat,” kata Chaidir Amir di kantor Kemendikbud, Rabu (30/10/2018).

Chaidir Amir berharap masyarakat memanfaatkan Repositori Kemendikbud sebagai bahan bacaan, bahan pembelajaran di sekolah, rujukan penelitian, dan lain-lain. Pengelola Repositori juga terus meningkatkan kualitas layanan, dengan menambah kapasitas media penyimpanan, menambah koleksi, dan memperbaiki laman.

Repositori Kemendikbud adalah layanan informasi digital yang menyediakan akses terbuka (Open Access) dan daring (online) kepada masyarakat terkait dengan berbagai informasi publikasi di bidang pendidikan dan kebudayaan. Koleksi Repositori Kemendikbud berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud. Koleksi tersebut disusun dalam berbagai kategori seperti bahasa dan kesusastraan, buku sekolah, guru, kebijakan umum Kemendikbud, kebudayaan, dan lain-lain.

Penulis Ali