Tutwuri.id
News and Edutainment

HUT ke-74 Provinsi Jatim, Ini Pesan Gubernur Khofifah

Tutwuri.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung upacara Hari Jadi Ke-74 Tahun Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 yang diperingati setiap 12 Oktober di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (12/10/2019).

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut  berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan, kesatuan serta persaudaraan antarsesama.

“Jawa Timur harus menjadi rumah yang nyaman bagi seluruh warga bangsa yang beraneka  suku, agama,  budaya, tradisi, dan adat istiadat. Karena Jawa Timur adalah bagian integral  NKRI sehingga kemajemukan, kebhinnekaan, dan keragaman  harus dijaga agar berseiring secara harmoni sesuai bhakti ke – 9 Nawa Bhakti Satya yaitu Jatim Harmoni ,” ungkap Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (12/10/2019).

Menurutnya, sekalipun terjadi gesekan akibat perbedaan pendapat dan pandangan di masyarakat hendaknya tidak diperuncing dan dibesar-besarkan. Sebaliknya, kata dia, prinsip tabayyun harus senantiasa dikedepankan agar terhindar dari upaya pecah belah dan adu domba dari pihak  yang tidak ingin Indonesia maju.

Khofifah mengatakan, Jawa Timur yang kini berusia 74 tahun harus menjadi contoh bagi daerah lain bagaimana cara merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Jawa Timur, tambah Khofifah, juga harus menjadi contoh bagaimana modernisasi dan pembangunan berjalan serasi dengan akar kebudayaan masyarakat Jawa Timur yang penuh gotong royong, toleran, santun, dan agamis.

Gubernur Khofifah juga melakukan pemotongan tumpeng yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Emil Elestianto Dardak, Gubernur Jatim periode 1998-2008, Imam Utomo, serta Gubernur Jatim periode 2009-2019, Soekarwo.

Setelah upacara peringatan hari jadi yang mengambil tema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera” tersebut, dilanjutkan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Ke-74 Jatim digelar di sejumlah daerah, seperti bakti sosial atau gerakan gotong royong untuk percepatan penanganan katarak Jawa Timur di Rumah Sakit Soedono Madiun pada Jumat (11/10).

Selain itu, Khofifah juga berziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jumat (11/10).

Penulis Han
Berita Lainnya