Tutwuri.id
News and Edutainment

Jelang Hari Jadi ke-74 Jatim, Gubernur Khofifah Berziarah ke Makam Gubernur Soerjo

Tutwuri.id – Menjelang hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajarannya berziarah ke makam Gubernur Pertama Jatim Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo yang berada di Jalan Salak, Kabupaten Magetan, Jumat (11/10/2019).

Kunjungannya ke makam Gubernur Jatim pertama tersebut adalah untuk mengenang dan meneladani sikap Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo yang gugur dalam mempertahankan NKRI dari penjajahan Belanda dan pemberontakan PKI.

“Kita semua diajarkan guru-guru kita bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Saya ingin anak-anak mengenali bagaimana beratnya perjuangan membangun Jawa Timur sampai bisa maju seperti ini,” ujar Gubernur Khofifah dalam kesempatan tersebut.

Ia menyatakan, Gubernur Soerjo selain sebagai pahlawan nasional juga merupakan peletak dasar dan pembabad “alas” di Jawa Timur.

Sosok Gubernur Soerjo sebagai pahlawan nasional dalam mempertahankan kesatuan NKRI merupakan bentuk revolusi mental yang saat ini sedang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam ziarah tersebut Khofifah didampingi Bupati Magetan Suprawoto dan pejabat Provinsi Jawa Timur. Seusai ziarah makam, Khofifah beserta rombongan dijadwalkan menuju RSUD dr Soedono Madiun untuk meninjau kegiatan bakti sosial operasi katarak.

Sumber antaranews.com
Penulis Ali
Berita Lainnya