Tutwuri.id
News and Edutainment

Mendikbud Cetuskan Program Kemitraan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

Tutwuri.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mencetuskan Program Kemitraan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Adapun wujud program adalah mengajak guru dari berbagai daerah tertinggal, terluar, terdepan (3T) ke sekolah inti untuk berkolaborasi dengan tenaga pendidikan di sekolah tersebut.

Muhadjir menilai, Indonesia saat ini masih terjadi ketimpangan mutu pendidikan antar daerah, hal tersebut dapat dilihat dari berbagai dimensi, yaitu masukan (input), proses, dan hasil. Terkait dengan itu, kegiatan direncanakan dengan bentuk On The Job Learning 1 (OJL 1). Guru-guru yang berasal dari daerah 3T tersebut akan belajar selama sepekan dengan menyaksikan dan terlibat di setiap sekolah inti agar dapat disebarluaskan kepada guru-guru lain di wilayahnya kelak.

“Harus diakui kompetensi guru pada aspek pedagogik dan profesional masih rendah,” tutur Muhadjir, Selasa (10/9).

Aktivitas di sekolah inti, para guru inti dapat saling berbagi pengalaman, inspirasi, dan mengembangkan kerja sama dalam upaya peningkatan dan pemerataan kemampuan guru mitra yang berasal dari daerah 3T. Di samping mengintegrasikan guru dan kepala sekolah dalam program yang sama, sehingga ada kesinambungan substansi yang digarap oleh kedua pihak. Perpaduan ini meliputi desain dan langkah program, lokasi dan sasaran program, serta substansi program.

Lebih lanjut Muhadjir mengatakan bahwa kompetensi guru merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan. Maka dari itu dirinya menyoroti hasil uji kompetensi guru tahun 2015 yang menyebut kompetensi guru secara nasional berada pada kategori rendah dan terdapat kesenjangan yang tinggi antar daerah.

“Agar program itu tercapai, diperlukan upaya sistematis dan masif untuk memenuhi kompetensi yang diharapkan,” pungkas Muhadjir.

Penulis Ali
Berita Lainnya