Tutwuri.id
News and Edutainment

Kota Surabaya Borong Tiga Penghargaan LKP Berprestasi Nasional

Tutwuri.id – Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) berprestasi tingkat nasional tahun 2019.

Lomba LKP berprestasi tingkat nasional tahun ini ditetapkan untuk lima kategori keterampilan, yakni kategori kerumahtanggan, jasa pelayanan (hospitality), bisnis dan manajemen, teknik, dan kategori bahasa. Lomba dilaksanakan bertahap, mulai dari pengiriman proposal, visitasi, dan presentasi.

Penganugerahan pemenang lomba LKP beprestasi tingkat nasional dilakukan bersamaan dengan acara puncak Hari Aksara Internasional (HAI) 2019 yang diselenggarakan di Lapangan Karebosi, Makassar, pada Sabtu (07/09/2019) lalu.

Dari hasil lomba, perwakilan dari Kota Surabaya berhasil memborong juara pertama untuk tiga kategori lomba. Mereka adalah LKP Lembaga Bahasa LIA Ngagel untuk kategori bahasa, LKP Lasalle College Internasional untuk kategori kerumahtanggaan, dan LKP Ebiz Education Enterprise untuk kategori bisnis dan manajemen.

Saat dikonfirmasi, Senin (09/09/2019), Kepala Cabang LKP Lembaga Bahasa LIA Ngagel Irwanti Nurika Vidayanti mengatakan, di dalam petunjuk teknis (juknis) lomba ada empat hal yang dinilai dewan juri. Mulai dari strategi inovasi bidang kemitraan, strategi inovasi bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), strategi inovasi bidang pemasaran, dan penggunaan sistem informasi.

“Salah satu yang ditonjolkan ketika presentasi adalah ketika kami dipercaya menjadi kontraktor pelaksana program social investment (CSR) dari sebuah oil and gas company dari Jepang di daerah Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Selain itu, mungkin presentasi dalam bahasa Inggris juga jadi poin tambahan. Setahu saya kontestan lainnya tidak,” katanya.

Praktik-praktik baik yang sudah pernah dilakukan juga ditonjolkan oleh LKP Lasalle College Internasional saat babak presentasi. Direktur Lasalle College Internasional Pranakusuma Sudhana mengatakan, dibanding finalis lain dari penjuru Indonesia, pihaknya sudah memiliki gedung mandiri tiga lantai lengkap dengan fasilitas belajar mengajar.

Bukan hanya itu, jejaring Lasalle juga luas. Mulai dari dunia usaha dan dunia industri (dudi) hingga institusi pendidikan. Bahkan, dunia usaha dan dunia indutri mencari SDM lulusan Lasalle. “Kami sudah menjalin MoU dengan pembuat merk fashion serta institusi pendidikan tinggi seperti Unesa, Ubaya, UK Petra,” terangnya.

Dalam hal pemasaran, kata Pranakusuma, pihaknya sudah menggunakan strategi online dan offline. Website pun sudah dipercantik dengan multimedia. “Kami baru ikut lomba ini kali pertama dan langsung menang. Kompetisinya cukup intensif dan dari LKP penjuru Indonesia,” tandasnya.

Penulis dwi
Berita Lainnya