Tutwuri.id
News and Edutainment

Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

Tutwuri.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka PT. Solo Manufaktur yang terletak di Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (06/09/2019). Pada kesempatan ini, Presiden juga meninjau langsung sarana dan prasarana produksi kendaraan pabrik Esemka.

Dalam pidatonya Jokowi bicara keberadaan pabrik Esemka bisa menimbulkan dampak positif buat perekonomian Indonesia, terutama di Boyolali yang dikatakan akan mendapat manfaat sangat besar.

“Sebab itu kita semuanya harus mendukung,” kata Jokowi dalam sesi pidatonya.

Eddy Wirajaya, Presiden Direktur SMK, menyampaikan, peresmian pabrik ini diharapkan mampu membuat Esemka merintis di industri otomotif Tanah Air. Dia juga bilang pabrik ini termasuk upaya peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia sebab pihak Esemka disebut menyeleksi rutin siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan membantu proses produksi mobil Esemka.

“Saya bersama seluruh karyawan Solo Manufaktur Kreasi merasa sangat berbahagia dan berterima kasih atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga pada akhirnya kami berhasil membangun pabrik dan seluruh fasilitas Esemka,” kata Eddy.

Selain meresmikan pabrik, SMK juga memperkenalkan model pertama yang diproduksi massal yaitu pikap bernama Bima. Ada dua pilihan mesin buat kendaraan niaga ringan ini, yaitu 1.200 cc dan 1.300 cc.  Di pasar otomotif nasional Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

Selain meninjau PT Esemka, Presiden akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Kabupaten Sukoharjo usai melaksanakan ibadah salat Jumat dan santap siang.

Kemudian pada Jumat sore, Presiden akan meresmikan Pembukaan Konsultasi Nasional XII Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FK PKB PGI) Tahun 2019.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam penerbangan antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Adita Irawati, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho.

Penulis A1
Berita Lainnya