Tutwuri.id
News and Edutainment

Wacana PNS Bisa Bekerja di Rumah, Begini Pendapat Ganjar

Tutwuri.id – Wacana pemerintah pusat membuat sistem kerja PNS yang bisa bekerja dari rumah, disambut oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan kata, sangat setuju.

Menurut Ganjar, fleksibilitas itu dimunculkan karena teknologi saat ini sudah memungkinkan untuk menyelesaikan tugasnya di laptop, komputer, maupun ponsel asal terkoneksi dengan internet.

Misalnya menurut Ganjar, untuk absensi tidak perlu dengan fingerprint, tetapi bisa digunakan presensi menggunakan ponsel dengan coding yang dibuat.

“Saya sangat setuju, namun regulasinya harus disesuaikan, kalau pekerjaan itu sifatnya praktis bisa. Misal penyuluh pertanian, kantornya ya di sawah. Kalau mau rapat, bisa dengan WA group. Saya pernah melihat di salah satu perusahaan multinasional. Absensi reportnya, hasil pekerjaannya didigitalkan, dan selesai. Ini terobosan bagus, banyak orang seneng,” ungkap Ganjar, Selasa (13/08/2019).

Akan tetapi, tantangannya menurut Ganjar selain kedisiplinan, di awal penerapan harus ada kontrol, SOP digital yang jelas, secara fungsi, mana yang harus ngantor, mana yang boleh bekerja di luar kantor.

“Kalau TU gubernur, misalnya, kan harus ngantor. Kalau ada tamu, dia yang mengaturnya. Kalau tidak, saya bisa repot. Tetapi, yang bekerja di PU, langsung bekerja, melakukan penambalan jalan rusak tanpa ngantor,” katanya.

Berita Lainnya