Tutwuri.id
News and Edutainment

Orkestra SMKN 12 Surabaya Tampil di Kemendikbud saat Upacara Kemerdekaan

Tutwuri.id – Sebanyak 40 siswa SMKN 12 Surabaya yang tergabung dalam musik orkestra diundang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengisi acara saat upacara bendera pada 17 Agustus mendatang.

Kepala SMKN 12 Surabaya Biwara Sakti Pracihara mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Hanya saja latihan lebih intens bagi 40 siswa yang tergabung dalam orkestra dan terpilih untuk berangkat ke Jakarta.

Selain itu, secara teknis baik siswa, musik player, maupun aransemen lagu sudah dipersiapkan secara matang. “Bagaimana harus tampil dihadapan kementerian ini akan kami arahkan. Perlengkapan juga tinggal mengontrol bagaimana kondisi fisiknya,” kata pria yang akrab disapa Praci ini.

Ia menyatakan, dalam konser musik tersebut, SMKN 12 Surabaya akan membawakan 10 buah lagu, yang meliputi lagu nasional, dan lagu pop perjuangan. “Ini suatu kebanggaan bagi kami karena dipercaya tampil saat upacara bendera. Karena selama ini yang ditunjuk sekolah musik dari Yogyakarta, Jakarta dan Bandung. Ternyata Surabaya juga ada. Kita akan tampilkan yang terbaik,” tegasnya.

Konduktor dan direktur musik SMKN 12 Surabaya, Muhammad Zulfikar Ali menambahkan, pelatihan hanya dilakukan selama tiga minggu terakhir secara rutin. Sebab, meskipun terbiasa bermain di setiap acara kedinasan, penampilan dihadapan Kemendikbud merupakan pengalaman pertama bagi pihaknya.

“Kami lebih sering tampil di acara pemerintahan provinsi dan pembukaan lomba-lomba SMK. Sehingga kami sangat antusias untuk penampilan ini,” katanya.

Selain latihan, ia juga menghimbau agar para anggota orkestra bisa menjaga stamina yang lebih. Karena mereka akan tampil di tempat yang jauh dari sekolah. “Latihan juga memperhatikan kesehatan dan stamina para anggota orkestra supaya mereka tetap fokus dalam bermain nantinya,” urainya.

Salma Salsabil Aliya, salah satu penyanyi orkestra mengungkapkan rasa senangnya karena mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara Kemendikbud. Pasalnya tampil di hadapan menteri merupakan kesempatannya meraih prestasi tertinggi selama bergabung dengan orkestra sekolah.

Berita Lainnya