Tutwuri.id
News and Edutainment

Motivator NLP: 60 Persen Orang Tidak Mau Belajar Ilmu Kepemimpinan

Tutwuri.id – Ilmu kepemimpinan (leadership) merupakan sebuah modal utama bagi para pemimpin untuk memimpin sebuah organisasi, tak terkecuali bagi para kepala sekolah.

Motivator Neuro Linguistic Programming (NLP) Gunawan mengutarakan, problem utama sebuah organisasi, perusahaan dan bahkan negara ada persoalan kepemimpinan. Menurutnya, hal itu disebabkan karena sebanyak 60 persen orang tidak mau belajar ilmu kepemimpinan.

“Kita akan terus belajar. Kalau berhenti belajar berarti kita berhenti jadi pemimpin,” ujar Gunawan saat memberikan pelatihan kepemimpinan kepada 62 Kepala SMPN se-Surabaya di SMPN 13, Selasa (13/08/2019).

Anggota tim dari The John Maxwell Kebanyakan ini menambahkan dari mereka merasa tidak membutuhkan ilmu tersebut karena sudh merasa menjadi pemimpin. Sedangkan 30 persen lainnya merasa berpengalaman jadi pemimpin. Dan 10 persen sisanya merasa bukan pemimpin.

“Tidak ada pendidikan formal khusus kepemimpinan, dan kita cenderung tidak menganggap serius mengembangkan potensi kepemimpinan karena masalah-masalah tadi. Padahal, ketika pemimpin tidak berubah pola kepemimpinannya, maka tidak akan terjadi perubahan dalam sebuah organisasi,” urai Coach Gunawan.

Sementara itu, salah seorang peserta,  Ahmad Sya’roni mengungkapkan pelatihan kepemimpinan semacam ini tentu dibutuhkan para kepala sekolah, melalui pelatihan kepemimpinan dapat me-refresh kompetensi yang dimiliki para kepala sekolah selama ini.

“Ini penting, para kepala sekolah juga membutuhkan penyegaran terutama pola-pola baru dalam memimpin sebuah sekolah,” tutur Kepala SMPN 6 Surabaya.

Berita Lainnya