Tutwuri.id
News and Edutainment

Lantik Bupati Tulungagung, Ini Pesan Khofifah

Tutwuri.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Drs. Maryoto Birowo, MM sebagai Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa sore (13/08/2019).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan/SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 131.35-2795 Tahun 2019 tanggal 11 Juli 2019 tentang pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023.

“Alhamdulilah kita telah menyelesaikan pelantikan bupati untuk sisa masa bakti 2018-2023,” ucap Khofifah usai pelantikan id Gedung Negara Grahadi.

Maryoto sebelumnya merupakan Wakil Bupati Tulungagung terpilih dalam pilkada 2018 lalu. Maryoto menemani Syahri Mulyo terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung. Namun sebelum pelantikan Syahri Mulyo ditangkap KPK yang dikemudian dipidana selama 10 tahun penjara.

Khofifah meminta bupati yang baru menjaga pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel. Maryoto juga diminta memaksimalkan penggunaan APBD demi pelayanan serta kesejahteraan masyarakat.

“Masih banyak PR di Tulungagung. Semisal, pilkades yang siap dilantik, tapi ada juga yang masih harus diselesaikan. Kemudian tentang pengisian jabatan, serta menjaga dan meningkatkan program maupun kebijakan pro rakyat,” kata Khofifah.

Gubernur Khofifah berpesan agar diinisiasi pembangunan berbasis kewilayahan seperti yang sedang berjalan di Kabupaten dan Kota Malang serta Kota Batu.

Ia mengutarakan, pengembangan kerjasama berbasis kewilayahan tersebut dikenal Malang Raya. Begitu pula Pawitandirogo yang mencakup Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun dan Ponorogo. Untuk wilayah Tulungagung dan sekitarnya bisa lebih dimaksimalkan kerjasama dengan Trenggalek, Kediri dan Blitar.

Selain Pelantikan Bupati Tulungagung, pada kesempatan ini juga dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 yakni Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, SKM oleh Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Prov. Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Berita Lainnya