Tutwuri.id
News and Edutainment

Kemenperin Berharap Pelaku Industri Surabaya Terapkan Industri 4.0

Tutwuri.id – Melalui Roadshow INDI 4.0 Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap pelaku industri di Surabaya mengimplementasikan industri 4.0.

“Kementerian Perindustrian akan menyelenggarakan Roadshow INDI 4.0 sebagai sarana para stakeholder dan ekosistem industri 4.0 untuk menunjukkan hasil dan capaian implementasi Industri 4.0,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kemenperin Ngakan Timur Antara, di Jakarta Selasa (13/08/2019).

Roadshow INDI 4.0 di Surabaya akan berlangsung pada 17-18 September 2019 mendatang dengan topik implementasi Industri 4.0.

“Kita ingin menunjukkan ke publik khususnya di Jawa Timur bahwa Industri 4.0 ini telah diterapkan di beberapa industri di Indonesia. Dengan pendampingan yang dilakukan Kementerian Perindustrian, industri dapat mengimplementasikan industri 4.0 di perusahaannya,” papar Ngakan.

Rangkaian acara INDI 4.0 ini meliputi seminar, konferensi, cerita sukses, pameran, aktivasi, dan kunjungan pabrik yang mengimplementasikan industri 4.0.

Dalam Roadshow INDI 4.0 ini, Kemenperin akan mengangkat cerita sukses bagaimana PT Schneider Electric Manufacturing Batam mampu menjadi rumah percontohan atau lighthouse Industri 4.0 di Indonesia dan World Economic Forum (WEF).

“Perusahaan-perusahaan industri dapat belajar dari PT Schneider Electric Manufacturing Batam dalam melakukan transformasi industri 4.0,” tukas Ngakan.

Selain itu, ada pula kunjungan pabrik ke PT Indolakto sebagai salah satu perusahaan yang telah mengimplementasikan Industri 4.0 dan penerima penghargaan INDI 4.0 bulan April 2019 yang lalu.

Dalam Roadshow INDI 4.0 ini, Kementerian Perindustrian melibatkan beberapa asosiasi industri untuk berpartisipasi aktif di dalamnya, seperti Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), Asosiasi Bigdata Indonesia (ABDI), Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), Perkumpulan Industri Kecil-Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) Indonesia, dan Suzuki Indomobil Motor Supplier Club.

Berita Lainnya