Tutwuri.id
News and Edutainment

Kalahkan Puluhan Negara Lain, Tim Olimpiade Komputer Indonesia Masuk 10 Besar

Tutwuri.id – Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) yang terdiri dari empat siswa SMA berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2019. Keempat delegasi tersebut adalah Abdul Malik Nurrokhman (Amnu) dari SMA Semesta BBS Semarang, Vincent Ling dari SMA Pribadi Bandung, Fausta Anugerah Dianparama dari SMA Negeri 1 Yogyakarta dan Moses Mayer dari SMA Jakarta Intercultural School.

Bersaing dengan 323 peserta dari 87 negara, tim ini telah mengikuti pembinaan selama berbulan-bulan, yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan UI, ITB, IPB, ITS, UGM dan Binus University.

Peran alumni TOKI sangat besar pada proses persiapan dan pelatihan. Keempat siswa juga harus menjalani karantina dan pembinaan intensif untuk memperbanyak latihan soal, diskusi dan pelatihan kesiapan mental bertanding.

Materi pembinaan diisi oleh para dosen dari berbagai universitas, juga diisi oleh para alumni TOKI dalam bentuk diskusi dan sparring partner. Para siswa juga diikutsertakan dalam beberapa kegiatan latih tanding. Strategi ini terbukti meningkatkan prestasi tim Indonesia dari tahun ke tahun.

“Sejak terpilih menjadi TOKI, saya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Tujuan pribadi adalah membuktikan kalau Indonesia tidak kalah dari negara lain dalam hal teknologi dan informatika. Walaupun dalam proses pelatihan sempat merasa lelah dan kangen keluarga, tapi sekarang saya sudah lega karena bisa memberikan kado ulang tahun Indonesia, dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” kata Amnu.