Tutwuri.id
News and Edutainment

Dindik Jatim Lepas 47 Siswa Mengenal Nusantara ke Gorontalo

Tutwuri.id – Pelajar setingkat SMA di Jawa Timur (Jatim) berkesempatan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Provinsi Gorontalo. Sebanyak 47 siswa itu dilepas Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Senin (12/08/2019) malam.

Plt. Kepala Dindik Jatim Jatim Hudiono mengatakan, pelajar yang mengikuti program SMN merupakan siswa pilihan dari jutaan jumlah seluruh pelajar yang ada di Jatim. Untuk itu, ia menyampaikan pesan dari Gubernur Jatim yang disebut Jaga Tiga.

Hudiyono melanjutkan, jaga yang pertama adalah Jaga Niat. Para pelajar harus menjaga niat karena selama delapan hari berada di Gorontalo akan tinggal bersama penduduk. Jadi tidak boleh keluh kesah karena juga membawa misi Jatim tentang budaya dan memperkenalkannya.

Jaga yang kedua yaitu Jaga Kesehatan karena aktivitas yang padat kalau tidak diseimbangkan dengan pola hidup sehat maka bisa sakit dan kondisi ini bisa membebani pemilik tuan rumah tempat tinggal. Pesan yang ketiga yaitu tunjukkan sebagai pelajar asal Jatim yang berperilaku dan berbudi luhur serta mudah senyum bertegur sapa dengan masyarakat di Gorontalo.

“Ibu Gubernur berpesan kepada para pelajar SMN ini yaitu Tiga Jaga, yaitu Jaga Niat, Jaga Kesehatan dan Jaga Budi Pekerti pelajar Jatim, patut bersyukur sebagai terpilih dari satu juta empat ratus tujuh puluh jumlah pelajar di Jawa Timur,” kata pria yang juga menjabat Kepala Biro. Administrasi Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Jatim.

Dalam acara pelepasan yang dilakukan dari sebuah hotel di Surabaya ini, juga diadakan penerimaan pelajar yang tergabung SMN yang berasal dari Gorontalo yang berjumlah 27 siswa. Selama di Surabaya juga akan melakukan kegiatan yang sama selama 8 hari. Program SMN merupakan program besutan dari Konsorsium BUMN Untuk Negeri dan PT. Pertamina (Persero) sebagai koordinator program dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Berita Lainnya