Tutwuri.id
News and Edutainment

Siswa SD Katolik Santo Xaverius Sabet Juara LWK Tingkat Kota Surabaya

Tutwuri.id – Siswa dari SD Katolik Santo Xaverius meraih juara pertama Lomba Wawasan Kebangsaan (LWK) tingkat SD tahun 2019. Ia adalah Bryan Jonathan Widjaja. Siswa kelas 5 ini mampu mengalahkan 4 siswa lainnya yang bertanding dalam babak final yang diselenggarakan di Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Senin (12/08/2019).

Pada babak final tersebut, Bryan Jonathan Widjaja meraih total skor 1.350, juara kedua diraih Bara Qharais Islamy Pasha dari SDN Dr. Sutomo VII dengan skor 1.200, juara ketiga diraih Jessica Celine Wuli dari SD Katolik Santa Clara dengan skor 1.025.

Bryan mengatakan, dirinya tidak menyangka dapat meraih juara pertama. Pasalnya, pada sesi pertama dan kedua nilainya tidak terlalu bagus. “Perasaannya senang ketika tahu menjadi juara pertama Lomba Wawasan Kebangsaan,” katanya.

Ia menjelaskan, ketika mengetahui lolos sebagai finalis Lomba Wawasan Kebangsaan tingkat SD, dirinya lebih meningkatkan intensitas belajar. Terutama untuk mata pelajaran PKN dan IPS. “Saya belajar semuanya, tentang PKN, IPS, hingga Undang-undang Dasar,” tegasnya.

Final Lomba Wawasan Kebangsaan dipandu oleh tiga juri, yaitu Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya Martadi, Prof. Sarmini dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Harmanto. Konsep LWK di final terbagi beberapa babak, yakni babak wajib, babak mengalir, babak kasus, babak video, dan babak rebutan.

Berita Lainnya