Tutwuri.id
News and Edutainment

Wali Kota Risma Bagikan Daun Pisang Untuk Kurangi Sampah Plastik

Tutwuri.id – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkeliling ke beberapa Masjid untuk membagikan daun sebagai pengganti kantong plastik.

Risma mengatakan, daun pisang yang dibagikan itu berjenis calathea. Sebelumnya, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu dipetik dari rumah kediaman Jalan Sedap Malam dan Taman Surya. Daun-daun itu kemudian diberikan kepada masyarakat sebagai pengganti penggunaan kantong plastik.

“Tadi saya ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban, supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut,” kata Wali Kota Risma, Minggu (11/08/2019).

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Ada empat masjid yang diberi daun tersebut. Yakni,  Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan dan Masjid Cheng Ho Jalan Gading.

“Berikutnya Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan terakhir Masjid An-Nur SMA Negeri 2,” kata Fikser usai membagikan daun-daun tersebut.

Ia menambahkan, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu, sekitar 12 ikat. Masing-masing ikatnya sekitar 10 kilogram. “Sehingga total daun tersebut kurang lebih 120 kilogram,” pungkasnya.

Berita Lainnya