Tutwuri.id
News and Edutainment

Mau Cicipi Renyahnya Wader Goreng, Waduk Selorejo Gudangnya

Tutwuri.id – Mengusir kepenatan kerja dan kesibukan rutinitas sehari-hari perlu diisi dengan berlibur di akhir pekan. Entah bersama keluarga atau dengan rekan komunitas. Bisa pergi ke pantai, gunung, waduk, atau tempat-tempat destinasi lainnya. Dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah nan eksotis merupakan sesuatu yang sangat didambakan setiap orang. Pada liburan kali ini penulis turut jalan bareng komunitas ‘Demen Dolan Bareng’ ke wilayah Malang.

Jawa Timur sangat terkenal dengan wisata alamnya, khususnya di Kabupaten Malang. Kota Batu dengan berbagai tempat destinasi dan sarana penunjangnya sehingga mendapat julukan sebagai Swiss Kecil atau De Kleine Zwitserland. Selain Kota Batu, berpuluh-puluh pantai berjajar di wilayah Malang Selatan, berdiri angkuh beberapa gunung yang mengapit Kabupaten Malang seperti Gunung Panderman, Butak, Arjuno, Welirang, Semeru, dan Anjasmoro. Tak kalah eksotik juga, yaitu Waduk Selorejo.

Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, terasa sejuk udara di sekitarnya. Pemandangan nan indah, lokasi dikelilingi oleh gunung-gunung, yaitu gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kawi. Sensasi menyejukkan mata akan semakin terasakan saat berkunjung ke sana. Sejauh mata memandang, Anda dapat melihat tiga gunung mengelilingi bendungan seluas 650 hektar itu. Selain dapat menikmati keindahan alam, pengunjung dapat berkeliling menggunakan perahu yang disewakan para pengelola wisata waduk setempat.

Perahu motor yang siap menghantarkan wisatawan berkeliling waduk selorejo. (Ist)

Waduk Selorejo adalah nama sebuah waduk di Dusun Selorejo Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meski fungsi aslinya adalah bendungan untuk irigasi dan listrik, Waduk Selorejo juga difungsikan sebagai objek wisata. Waduk ini sendiri merupakan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1973.

Akses menuju lokasi mudah dicapai, baik memggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasi waduk tidak jauh dari jalan raya, lintasan dari Kota Batu menuju Kediri, atau sebaliknya. Dari Kota Batu 31 km atau sekitar 1 jam, jika dari Kota Malang 48.3 km atau sekitar 2 jam, sedangkan dari Kota Kediri 68.1 km atau sekitar 2.5 jam perjalanan. Bila Anda datang dari daerah luar Kota Malang, lintasan yang dilalui ialah Malang-Batu, dari Kediri-Pare, dari Jombang –Kandangan, atau dari Blitar-Wlingi. Tiket masuk Rp10.000,00 per orang.

Tidak usah repot-repot membawa bekal makanan, di kawasan waduk dapat Anda jumpai warung-warung yang berlokasi di pinggir waduk, kebanyakan makanan yang mereka jual didominasi berbagai jenis ikan yang dimasak seperti ikan wader goring, udang goreng, dan aneka ikan bakar atau goreng. Ikan wader goreng di santap dengan sambal dan lalapan yang jadi primadona.

Sambil istirahat menikmati sajian menu aneka ikan dan minum ‘degan’ kelapa muda bersama keluarga atau komunitas,  Anda juga bisa menikmati panorama waduk dengan sepuas-puasnya. Jangan lupa oleh-oleh buat yang di rumah, wader atau udang goreng, bisa juga aneka ikan goreng atau bakar. Harga menu tak sampai membebani kantong Anda, harga sangat terjangkau.

Sarana dan fasilitas pendukung lainnya adalah lapangan golf, lapangan tenis, camping area, tempat pemancingan yang nyaman, dan lahan parkir yang cukup luas. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini, tidak ada salahnya membawa perlengkapan camping, seperti tenda, kompor portable, nesting, matras dan tidak ketinggalan yaitu logistik yang enak. Menikmati keindahan sembari bersantai dengan ‘lay back’ satu ide cemerlang untuk memanjakan tubuh.

Wisata kuliner ikan wader siap memanjakan para wisatawan yang datang ke waduk Selorejo. (Foto: @li)

Bagi yang hobi memancing, obyek wisata Waduk Selorejo juga dapat menjadi tujuan utama untuk memancing, karena ukuran ikannya terkenal besar-besar. Ikan mujair atau mujaer yang paling dominan di waduk ini.  Jadi, jika Anda berkunjung ke Waduk Selorejo, hendaknya tidak sampai ketinggalan seperangkat peralatan pancing, dan rasakan serunya sensasi memancing di sana.

Atau tak kalah menarik, Anda dapat berperahu ke Pulau Jambu yang ada di tengah waduk. Di pulau itu terdapat ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Untuk mencapai Pulau Jambu harus naik perahu. Tarif perahu mesin PP adalah Rp8.000,00-Rp10.000,0 sedangkan perahu dayung Rp 3.000-Rp 5.000. Begitu sampai di Pulau Jambu, pengunjung dapat mendaki bukit kecil dan masuk lokasi. Untuk bisa masuk dan makan buah jambu klutuk wisatawan dikenai tarif Rp 5.000. Kebun jambu ini sangat rimbun. Anda juga bisa membawa pulang buah jambu yang Anda petik.

Mau menguji adrenalin Anda, di taman wisata Waduk Selorejo terdapat jembatan gantung yang menghubungkan antara taman wisata dengan kolam renang. Selain itu, jembatan ini dapat juga digunakan untuk ‘jogging track’ bagi yang menyukainya. Walau banyak orang yang ngeri dan deg-degan saat melintas karena jembatan ini terus bergoyang. Namun jembatan gantung ini adalah salah satu spot foto favorit buat selfie atau welfie karena sebagai penanda utama Waduk Selorejo ini.

Berita Lainnya