Tutwuri.id
News and Edutainment

Diikuti 44 Negara, Tim Olimpiade Geografi Indonesia Sabet Juara Umum

Tutwuri.id – Tim Olimpiade Geografi Indonesia meraih prestasi membanggakan dalam ajang International Geography Olympiad (iGeo) 2019 yang diselenggarakan di Hong Kong pada 30 Juli sampai 5 Agustus lalu.

Tim Indonesia berhasil meraih juara umum dengan raihan 2 emas dan 2 perak pada kompetisi yang diikuti 176 siswa dari 44 negara tersebut. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri, karena pada tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih sebagai top country dari seluruh negara partisipan iGeo.

Tim Olimpiade Geografi Indonesia kembali ke Tanah Air pada Selasa Malam (06/08/2019) dan disambut langsung oleh Kasubdit Peserta Didik PSMA Kemendikbud Juandanilsyah.

Koordinator Tim Olimpiade Geografi Indonesia Samsul Bachri mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras para asisten dan dosen, terutama diperbanyak praktik dan latihan soal soal tertulis (WRT) dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online.

iGeo 2019 berlangsung dalam tiga babak tes, yaitu Written Response Test (WRT/tes tertulis), Fieldwork Test (FWT/tes lapangan), dan Multimedia Test (MMT/tes multimedia).

Berdasarkan laporan dari Steering Committee iGeo 2019, Tim Olimpiade Geografi Indonesia sangat unggul dalam WRT (tes tertulis), dibuktikan dengan total score untuk WRT yang mencapai peringkat 3 dari 44 negara.

Berita Lainnya