Tutwuri.id
News and Edutainment

KPAI: Buat Anak Bergembira, Orang Tua Perlu Buka Dialog

Tutwuri.id – Membuat anak bergembira merupakan salah tugas orang tua didalam keluarga agar mereka nanti menjadi calon-calon generasi emas penerus bangsa. Oleh sebab itu, orangtua perlu mempersiapkan anak-anak menjadi sosok tangguh di masa depan. Salah satunya dengan menggembirakan mereka.

Rita Pranawati, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), menuturkan orangtua perlu membuat anak bergembira dengan cara membuka dialog.

Lebih jauh Rita menyampaikan, anak Indonesia memang perlu dan layak bergembira, karena mereka hidup di tanah yang subur.

Anak-anak Indonesia berhak dan layak hidup gembira karena bisa bermain, bersahabat, dan bertumbuh bersama alam lestari Nusantara. ”Mereka senantiasa mensyukuri anugerah alam raya Indonesia yang melimpah dari Tuhan,” ujarnya.

Rita menyayangkan, siaran televisi yang cenderung menampilkan narasi kekerasan terhadap anak. Seperti perkelahian, tawuran, pelecehan seksual, perundungan, dan sebagainya.  Padahal anak-anak adalah pewaris cita-cita Republik Indonesia yang akan menjadi pemimpin Indonesia. Karena itu, orangtua perlu mempersiapkan anak-anak menjadi sosok tangguh di masa depan. Salah satunya dengan menggembirakan mereka.

Dalam upaya memberikan kegembiraan pada anak itu, Rita sedikit mengritisi para orangtua yang protes pada pemerintah atas pemberlakukan sistem zonasi pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) beberapa waktu lalu.

Para orangtua menilai pemerintah tidak menghargai jerih payah anak yang telah memperoleh nilai tinggi di sekolah sebelumnya. Pemerintah pun dianggap menghalangi mimpi anak untuk dapat sekolah di lembaga pendidikan idaman.

Berita Lainnya